ANALISIS PENERAPAN FIRE REPORT ONLINE SYSTEM (FROS) MENGGUNAKAN METODE HOT-FIT (Studi Kasus: PT Arara Abadi)

Nurpauliani Dewi, Syaifullah Syaifullah

Abstract


Fire Report Online System (FROS) diterapkannya bertujuan untuk melihat berita harian titik Hotspot (titik api) dan penginputan data Regu Pemadam Kebakaran (RPK) pada PT. Arara Abadi Distrik Tapung. Dalam penerapan sistem ini terdapat beberapa kendala yaitu, training yang diadakan tidak maksimal dan tidak memiliki manual book sehingga terjadi kesenjangan pada pihak RPK untuk memahami penggunaan sistem.  Permasalahan selanjutnya tidak memiliki divisi IT, sehingga jika terjadi kesalahan pada sistem tidak bisa diperbaiki dengan cepat. Selanjutnya masalah jaringan yang menyebabkan sistem sering error, sehingga pihak RPK harus mengulang penginputan data dan membuat pekerjaan menjadi lambat. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kesesuaian antara faktor manusia, organisasi dan teknologi dalam penggunaan sistem FROS. Pada penelitian ini menggunakan metode HOT-Fit yang terdiri dari 4 variabel yaitu manusia, organisasi, teknologi dan Net Benefit. Pengambilan data melalui kuesioner, wawancara dan obsevasi. Teknik pengambilan sample menggunakan sampling jneuh. Unutk teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan jenis penelitian deskriptif, kuantitatif, serta alat pengolahan data menggunakan software Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 20.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terhadap data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa variabel yang mempengaruhi pemanfaatan system FROS adalah Human, Organisasi dan teknologi. Keberhasilan dari penerapan sistem FROS adalah penggunaan sistem dapat diterapkan secara maksimal, dilakukan pelatihan rutin terhadap pengguna sistem FROS, disediakan ahli IT untuk memantau perkembnagan sistem dan kualitas sistem dan kualitas informasi lebih ditingkatkan.

Full Text:

PDF

References


Sigalotang, W.A., Pontoh, G.T. dan Damayanti, R.A. “Mediasi Infusi Sistem Informasi atas Pengaruh Pemanfaatan Sistem Informasi Terhadap Kinerja Pengguna Enterprise Resource Planning (ERP)”, Seminar Nasional Akuntansi 17 Mataram. Lombok. 2014.

Nasir dan Hadi.”Faktor-faktor Pendukung dalam Penerapan Sistem Paket Aplikasi Sekolah pada Pendidikan SMA Negeri di Palembang”. Jurnal Teknologi. ISSN: 2089-3582. EISSN: 2303-2480. Vol. 4, No. 1. 2014.

Yakub. “Pengantar Sistem Informasi”. Graha Ilmu. Yogyakarta. 2012.

Fatta, Hanif Al. “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern”. Andi Offset. Yogyakarta. 2007.

Hartono dan Jogiyanto,. “Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terseruktur dan Praktek Aplikasi Bisnis”. Andi Offset. Yogyakarta. 2005.

Wahyono, Teguh, ”Sistem Informasi”. Graha Ilmu. Yogyakarta. 2004.

Raden dan Eko Nugroho. “Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) di Pemerintahan Kota Bogor”. [Tesis]. Pascasarjana Unversitas Gajah Mada. 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v3i2.4481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.