INTEGRASI BARCODE 128 PADA SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM (Studi Kasus: Pustaka SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru)

Anofrizen Anofrizen

Abstract


Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru adalah Sekolah Menengah Kejuruan yang telah terbentuk sejak tahun 1984. Pustaka SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru merupakan salah satu fasilitas sekolah yang berfungsi sebagai lembaga penyedia informasi, seperti laporan, artikel, sumber rujukan, atau buku. Koleksi buku pada Pustaka SMK Muhammadiyah 2 saat ini berjumlah 7.945 eksemplar dengan 2.124 judul dan anggota pustaka yang berjumlah 1.563 dan perputaran transaksi peminjaman buku selama 1 minggu. Pustaka SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru belum terkomputerisasi pada kegiatan sehari–hari dimulai dari pembuatan kartu anggota yang mengisi form lalu pegawai pustaka mencatat nama calon anggota pustaka pada buku pustaka, pegawai pustaka membantu mencarikan buku yang akan dipinjam oleh anggota pustaka, setelah mendapatkan buku pegawai pustaka mencatat nama, judul buku yang dipinjam, tanggal kembali yang dicatat pada buku pengembalian. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun dan menghasilkan sistem integrasi barcode 128 pada SLiMS. Teknik perancangan sistem menggunakan metode Object Oriented Analysis Design (OOAD) dan Tools Unified Modelling Languange (UML). Teknik pengujian sistem menggunakan teknik Blackbox Testing dengan hasil 100% sistem berjalan dengan baik dan sesuai kebutuhan. Pengembangan sistem ini menerapkan metode Extreme Programming. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem integrasi barcode 128 pada SLiMS. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu pegawai pustaka sekolah mengelola data anggota, data peminjaman, pengembalian buku, dan merekap laporan data kegiatan di pustaka.

Full Text:

PDF

References


Darmono. 2007. Pengembangan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Perpustakaan Sekolah. 1(1).

Meilani, Difana dan Putri, Indah Albani. 2015. Perancangan Sistem Otomasi Barcode dengan Mengevaluasi Kinerja pada Aktivitas Transaksi Gudang. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri.

Azwar, Muhammad. 2013. Membangun Sistem Otomasi Perpustakaan Dengan Senayan Library Management System (SLiMS). Khizanah Al – Hikmah. 1(1).

Yulianton, Heribertus, dkk. 2015. Rancang Bangun Online Public Access Catalouge (OPAC) Pada Perpustakaan Universitas Stikubank Menggunakan Bootstrap. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik. 20(1).

Eniyati, Sri. 2006. Pengembangan Berorientasi Objek Metode Fusion. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. 11(2).

Winata, Edgar, Setiawan, Johan. 2013. Analisis dan Perancangan Prototipe Aplikasi Parkir Bis Universitas Multimedia Nusantara Pada Platform Android. ULTIMA InfoSys. 4(1).

Ramadhani, Syaifudin, dkk. 2013. Rancang Bangun Sistem Geografis Layanan Kesehatan di Kecamatan Lamongan Dengan PHP MySQL. Jurnal Teknika. 5(2).

Pohan, Nurmaliana. 2014. Implementasi Barcode untuk Sistem Informasi Absensi Pada PT. Coca Cola Distribution Indonesia Pekanbaru. RJoCS - Riau Journal of Computer Science. 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v3i2.4367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.