SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN LABORATORIUM SMA/SMK KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Tria Marta Gusnisa, Eki Saputra

Abstract


Kabupaten Kuantan Singingi memiliki 21 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 12 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang tersebar pada 15 kecamatan. Dari 21 SMA tersebut tedapat 18 SMA yang memiliki laboratorium dengan jumlah keseluruhan 38 ruangan, dan 3 SMA lainnya tidak memiliki ruangan laboratorium sama sekali. Solusi yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kuantan Singingi yaitu, untuk sekolah yang belum mempunyai laboratorium dapat meminjam laboratorium sekolah lain. Kurangannya informasi mengenai jadwal pemakaian maupun peminjaman laboratorium mempersulit SMA/SMK untuk melakukan praktek bersama ataupun peminjaman laboratorium. Tujuan penelitian adalah membangun sistem informasi laboratorium yang akan menyajikan informasi mengenai jadwal praktikum, fasilitas laboratorium dan mempermudah sekolah melakukan sharing laboratorium. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah waterfall dengan permodelan unifield modeling laguage untuk rancangan. Sistem ini diuji dengan pengujian blackbox. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi laboratorium SMA/SMK yang menyajikan informasi jadwal praktikum dan fasilitas laboratorium SMA/SMK di Kabupaten Kuantan Singingi serta sekaligus memfasilitasi peminjaman laboratorium. Sistem informasi laboratorium yang dibangun telah berjalan baik secara fungsional berdasarkan pengujian yang dilakukan.

Full Text:

PDF

References


Afilia, Rina. Tingkat Kepuasan Orang Tua Dalam Akses Sistem Informasi Manajemen Rapot Online Di SD Islam Maryam Surabaya. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. 2016.

Wahyudi, Apri., Sowiyah dan Ambarita, Alben. Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Web. Jurnal. Universitas Lampung. 2015.

Sari, Prima Mutia. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Praktikum terhadap Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah, dan Penguasaan Konsep Sistem Regulasi. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. 2013.

Prahasta, Eddy. Sistem Informasi Geografis: Konsep-Konsep Dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika). Informatika. Bandung. 2014.

Oetomo, Budi Sutedjo. Perencanaan & Pembangunan Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta. 2002.

Rahmiyati, Sri. Keefektifan Pemanfaatan Laboratorium di Madrasah Aliyah Yogyakarta. Jurnal. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 2008.

Muharto dan Ambarita. Metode Penelitian Sistem Informasi: Mengatasi Kesulitan mahasiswa dalam Menyusun Proposal Penelitian. Deepublish. Yogyakarta. 2016.

Siahaan, Richard R F., Satato, Kodrat Imam dan Martono, Kurniawan Teguh. Implementasi Sistem Informasi Geografis Daerah Pariwisata Kota Semarang Berbasis Android Dengan Global Positioning System (GPS).Jurnal. Univesitas Diponegoro. Semarang. 2014.

Departemen pendidikan nasional. Pedoman Standarisasi Laboratorium/Ruangan Workshop Balai Pengembangan Pendidikan Sekolah dan Pemuda (BPPLSP). Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan. Jakarta. 2007.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Pengel9olaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta. 2010.

Rozaq, Abdul. Studi Kasus Kesiapan Pelaksanaan Uji Kompetesi Mata Pelajaran PLC Pada Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri SMK Negeri 2 Pati. Jurnal. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v3i2.4283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.