DIGITAL TEACHING LEARNING FOR DIGITAL NATIVE; TANTANGAN DAN PELUANG

Christina Juliane, Arry A. Arman, Husni S. Sastramihardja, Iping Supriana

Abstract


Gap generation antara pembelajar dan pengajar mempengaruhi tingkat keberhasilan Proses Belajar dan Mengajar (PBM) berbasis teknologi (digital teaching and learning). Tujuan efektivitas dan efisiensi dari penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada akhirnya hanya menjadi jargon yang pembuktiannya masih memerlukan studi lebih lanjut. Hal ini terjadi karena keberadaan TIK masih terbatas pada pemenuhan life style bagi generasi digital saat ini, tanpa value dan esensi dari keberadaan dan pemanfaatan TIK itu sendiri dalam PBM. Oleh karenanya diperlukan sebuah penelitian untuk mengidentifikasi seperti apa fakta real yang terjadi dilapangan (Pulau Jawa-Indonesia) terkait pemanfaatan teknologi dalam PBM dengan adanya gap generation antara pembelajar dan pengajar. Penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang yang hadir pada proses digital teaching and learning untuk generasi digital saat ini. Area sampel penelitian dilakukan di Pulau Jawa dengan total 519 orang yang potensial dan relevan menjadi responden dan diuji dengan menggunakan kaidah ilmiah yang empiris. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk memberikan pandangan tentang apa dan bagaimana seharusnya aktivitas digital teaching and learning dilakukan untuk generasi digital saat ini, terutama generasi digital di Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Richard A. Johnson dan Gouri K, Bhattacharyya. 1996. Statistics Principles and Methods-Third Edition, John Wiley and Sons, Inc.

Prensky M. 2001. Digital Natives, Digital Immigrant on the Horizon. MCB University Press, Vol. 9 No. 5.

Hameed, S., Badii, A. dan Cullen, A.J. 2008. Effective E-learning Integration with Traditional Learning in a Blended Learning Environment. European and Mediterranean Conference on Information System.

Hameed, S., Badii, A. dan Cullen, A.J. 2008. Effective E-learning Integration with Traditional Learning in a Blended Learning Environment. European and Mediterranean Conference on Information System.

Fatimah, W.A., Afza, S dan Janier, J.B. 2008. Student’s Perceptions Towards Blended Learning in Teaching and Learning mathematics: Apllication of Integration. Computer and Information Science Department. EE-Department. University Teknologi PETRONAS.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v3i2.4273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.