KONSEP PENDETEKSIAN DAN PENGKOREKSIAN KERUSAKAN GAMBAR HASIL PENGIRIMAN MELALUI FACEBOOK

Rahmaddeni Rahmaddeni, Koko Harianto

Abstract


Citra digital atau yang disebut sebagai gambar merupakan media informasi yang terus berkembang penggunaannya hingga saat ini. Pemanfaatan media sosial sebagai media untuk pengiriman file secara daring yang semakin pesat juga memudahkan dalam pengiriman gambar. Facebook merupakan salah satu dari media sosial yang masih populer penggunaannya hingga saat ini. Setiap pengguna informasi harus memastikan bahwasanya tidak terjadi kerusakan pada gambar agar memperoleh informasi yang benar. Gambar hasil pengiriman yang dilakukan pada facebook menujukkan hasil bahwa terjadi perbedaan ukuran piksel dan juga ukuran kapasitas gambar, sehingga hal tersebut menjadi sebuah temuan yang ingin dianalisa dan diselesaikan pada penelitian ini. Untuk mengetahui perubahan yang terjadi diperlukan suatu teknik atau metoda yang mampu menemukan dan memberikan solusi terhadap perubahan gambar tersebut. Metode Hamming Code merupakan metode yang memiliki sistem pemeriksaan dan perbaikan terhadap error atau kerusakan yang terjadi pada data digital dengan melakukan pemeriksaan terhadap setiap bit data, sehingga metode ini dianggap memilliki kemampuan untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan kesalahan pada citra digital. Penelitian ini menjadi salah satu solusi dalam pengolahan citra digital serta dapat memberikan kontribusi pada matakuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer serta matakuliah Pengolahan Citra Digital.

Full Text:

PDF

References


A. S. Ahmad Alfi Albar Lubis, Poltak Sihombing, Perancangan Error Detection System And Error Correction System Menggunakan Metode Hamming Code Pada Pengiriman Data Text, J. Online Progr. Stud. S1 Ilmu Komput. Fak. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 1, 2012.

S. W. Bambang lrawanto, DETEKSI DAN KOREKSI ERROR PADA PESAN DIGITAL DENGAN KODE HAMMING, J. Sains Mat., vol. 17, pp. 127–130, 2009.

A. Alfi, A. Lubis, P. Sihombing, and I. A. S. M. T, Perancangan Error Detection System And Error Correction System Menggunakan Metode Hamming Code Pada Pengiriman Data Text, 2013.

D. P. Deri, Perancangan Aplikasi Deteksi Bit Check in Error Pada Transmisi Data Text Dengan Single Error Correction Menggunakan Algoritma Hamming Code, Progr. Stud. Tek. Inform. STMIK Budidarma Medan Jl. Sisimangaraja No.338 Simpang Limun Medan, vol. IV, pp. 19–24, 2013.

K. Harianto, Penerapan Teknik Selisih Matriks Untuk Menemukan Perbedaan Dua Buah Citra Digital, SATIN-Sains dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 16–21, 2014.

H. Setiawan and P. Santoso, MODEL OPTIMALISASI PELUANG PEMANFAATAN MEDIA JEJARING SOSIAL DALAM IMPLEMENTASI E-GOVERNANCE di INDONESIA, Semin. Nas. Inform. 2013 (semnasIF 2013), vol. 2013, no. semnasIF, pp. 147–154, 2013.

Https://www.statista.com, Most famous social network sites worldwide as of August 2017, ranked by number of active users (in millions), 2017. [Online]. Available: Most famous social network sites worldwide as of August 2017, ranked by number of active users (in millions). [Accessed: 28-Aug-2017].

A. S. Abdul Kadir, Teori Dan Aplikasi Pengolahan Citra, 1st ed. Yogyakarta: Andi, 2013.

K. F. Balza Achmad, Pengolahan Citra Digital Menggunakan Delphi. Yogyakarta: Andi, 2013.

Adobe Systems Incorporated, http://dba.med.sc.edu/price/irf/Adobe_tg/models/rgbcmy.html, 2000. .

D. Putra, Pengolahan Citra Digital, 1st ed. Yogyakarta: Andi, 2010.

R. S. Rustian, http://www.unpas.ac.id/apa-itu-sosial-media/, unpas, 2012. [Online]. Available: http://www.unpas.ac.id/apa-itu-sosial-media/. [Accessed: 30-May-2016].




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v3i2.4272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.