SISTEM INFORMASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS WEB PADA DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN KAMPAR

Wahyu Hidayat Ibrahim, Idria Maita

Abstract


Sistem informasi pelayanan publik pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kampar adalah sistem yang melayani pengaduan masyarakat terkait perbaikan dan pembangunan jalan dan jembatan di Kabupaten Kampar yang berbasis website. Adapun kinerja sistem dalam pelayanan pengaduan yang sedang berjalan pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kampar masih belum optimal karena pengelolaannya masih manual. Oleh karena itu pelayanan pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kampar menjadi kurang efektif dan efisien, karena media pelayanan data memperlambat jalannya penyampaian respon terhadap pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat. Sistem Pelayanan Publik Berbasis Web ini mempermudah masyarakat dalam menyampaikan pengaduan dan permohonan pembangunan atau perbaikan jalan dan jembatan di Kabupaten Kampar, serta mempercepat pihak Dinas PU untuk merespon setiap pengaduan dan mempermudah dalam mengelola pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat. Dalam merancang Sistem Informasi Pelayanan Publik ini dimodelkan dengan Unified Modelling Languange (UML) meliputi Use Case Diagram, Class Diagram, Activity Diagram dan Sequence Diagram. Dibangun menggunakan bahasa pemograman Hypertext Prepocessing (PHP) dengan MySql sebagai database dengan pemodelan yang diterapkan adalah prototype. Hasil akhir dari penelitian ini adalah Sistem Informasi Pelayanan Publik Berbasis Web, dimana di dalam website ini masyarakat dapat mengisi langsung form pengaduan dan melihat informasi yang berhubungan dengan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kampar.

Full Text:

PDF

References


Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Pratama, Rizky Hersya., Hakim, Abdul dan Shobaruddin. Muhammad. 2012. Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik), Elektronik Rukun Tetangga/Rukun Warga (E-Rt/Rw) Di Kelurahan Ketintang Kecamatan Gayungan Pemerintah Kota Surabaya. Jurnal Administrasi Publik (JAP). 3(12): 2128-2134.

Waspodo, Bayu., Fajar, Amad Nurul dan Prayitno, Noor Hadi. 2015. Sistem Informasi Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan dan Peruntukan Penggunaan Tanah pada Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Kabupaten Sumedang. Jurnal Sistem Informasi. 8(2): 1-19.

Hidayatulloh, Syarif dan Mulyadi, Cisde. 2015. Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Desa Candi Gatak Barbasis Web. Jurnal IT CIDA. 1(1): 42-55.

Nugroho, Adi. 2010. Bandung. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Dengan Metodologi Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Nurhadiyan, Thoha dan Yulistiana. 2014. Perancangan Aplikasi Prosedur Pembuatan E-KTP Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Serang. Jurnal Sistem Komputer. 1(1): 37-43.

Masya, Fajar., Elvina dan Simanjuntak, Fitri Maria. 2012. Sistem Pelayanan Pengaduan Masyarakat Pada Divisi Humas Polri Berbasis Web. Jurnal Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi.

Afrina, Mira dan Ibrahim, Ali. 2012. Pengembangan Model Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Teknologi Informasi Berbasis Wireless Aplication Protocol (WAP) Pada Universitas Sriwijaya. Jurnal Sistem Informasi (JSI). 4(1): 425-436.

Simarmata, Janner. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi Offset.

Munaiseche, Cyndi P. C., Ramadhani, Cipta dan Tajidun, Laode Muhamad. 2010. Sistem Informasi Pengolahan dan Pelayanan Pelanggan PT. PLN Wilayah Manado Berbasis WEB. Jurnal JUITA. 1(1): 12-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v3i2.4262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.