SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PEMANTAUAN PENYEBARAN TENAGA PENGAJAR (Studi Kasus: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kampar)

Medyantiwi Rahmawita, M. Afdal

Abstract


Kabupaten Kampar merupakan kabupaten di Riau yang memiliki permasalahan tentang penyebaran tenaga pengajar. Hal tersebut disebabkan karena pengangkatan dan penempatan tenaga pengajar yang kurang tepat, diantaranya: kurangnya pengawasan sehingga masih banyak sekolah yang faktanya gurunya masih cukup tetapi tetap diberikan guru dan sekolah yang kekurangan guru malah tidak diberi, tenaga pengajar yang memasuki masa pensiun memerlukan penggantinya, ada sekolah yang kepala sekolahnya merangkap sebagai guru dan ada sekolah yang kekurangan guru agama atau guru olahraga. Sistem ini menampilkan peta lokasi sekolah berdasarkan hasil analisa dengan cara tampilan simbol grafis yang berbeda, yaitu warna merah menampilkan sekolah yang kekurangan guru apabila sekolah tersebut tidak mempunyai kepala sekolah, tidak memiliki guru penjas, tidak memiliki guru agama, guru yang pensiun dan kekurangan guru kelas. Warna biru menandakan sekolah yang tidak kekurangan guru. Peta lokasi sekolah Kabupaten Kampar yang digunakan dikelola melalui Google Maps. Sistem  diimplementasikan menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySql. Sistem informasi geografis (SIG) ini dapat memberikan layanan informasi dalam bentuk peta dan tabel mengenai penyebaran tenaga pengajar dan dapat menampilkan informasi sekolah yang kekurangan guru.

Full Text:

PDF

References


Aziz, Muh dan Pujiono, Slamet. 2006. Sistem Informasi Geografis: Berbasis Desktop dan Web. Yogyakarta: Gava Media.

Jogiyanto, HM. 1995. Pengenalan Komputer, Yogyakarta: Andi.

Prahasta, Eddy. 2002. Konsep Konsep dasar Sistem Informasi Geografis. Bandung: Informatika.

Prahasta, Eddy. 2005. Sistem Informasi Geografis: Konsep-Konsep Dasar. Bandung: Informatika.

Tanaamah, Andeka Rocky dan Wardoyo, Retantyo. 2008. Perancangan dan Inplementasi WebGIS Pariwisata Kabupaten Sumba Timur. Jurnal Informatika. 9(2): 150-158.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v3i2.4260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.