BENCHMARKING WEBSITE E-COMMERCE UNTUK MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0

Suryo Adi Wibowo, Moh. Miftakhur Rokhman, Yosep Agus Pranoto

Abstract


Indonesia pada tahun 2015 tergabung dalam komunitas ekonomi negara-negara kawasan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) yaitu ASEAN Economic Community (AEC) atau biasa disebut Masyrakat Ekonomi ASEAN (MEA). ASEAN menyepakati bahwa pelaksanaannya diarahkan pada integrasi ekonomi kawasan yang mengacu pada AEC Blueprint dimana disebutkan bahwa ASEAN sebagai kawasan dengan daya saing ekonomi tinggi dengan salah satu elemennya adalah e-commerce. Semakin banyaknya industri kecil dan menengah di wilayah kota Malang berkompetisi memasarkan produk ungulan dimana salah satu cara melakukan penetrasi pasar ke konsumen adalah dengan media e-commerce yang menggunakan metode Business to Customer (B2C). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas layanan website e-commerce terutama pada bidang penjualan produk unggulan di wilayah kota malang dengan menggunakan instrumen dari WebQual 4.0 untuk mendapatkan data kualitas layanan e-commerce dari konsumen. Hasil penelitian dan analisa yang dilakukan terhadap tingkat kepuasan pelanggan website e-commerce di Malang menggunakan metode WebQual 4.0 dan perhitungan skala likert menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan terhadap variabel keputusan pembelian online secara simultan. Variabel Usability interaksi layanan mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian online, namun variabel Service Interaction terhitung paling rendah. Dengan begitu, perlu ditingkatkan nilai pada beberapa variabel dengan memperbaiki website sesuai variabel yang dibutuhkan.

Full Text:

PDF

References


Lim, Merlyna dan Nugroho, Yanuar. 2011. Introduction to the Special Issue on Social Implications of the ICTs in the Indonesian Context. Internetworking Indonesia Journal. 3(2): 1-3.

Iswarawati, Faradina Vidyani dan Azizah, Nurul. 2013. Integration of E-commerce and Cloud Computing For Implementation of Business Based on ICT in Indonesia. IJCSEE. 1(3): 436-439.

Deng-Neng Chen, Jeng B, Lee Wei-Po, dan Chuang, Cheng-Hung. 2008. An Agent-based Model for Consumer-to-bussiness Electronic Commerce. Expert Syst with Application. 34(1): 469-481.

Lee, Hiro dan Plummer, Michael G. 2011. Assessing the Impact of The ASEAN Economic Community. Dalam OSSIP Discussion Paper 2011. 2: 1-25.

Kabir Golam, Hasin M dan Ahsan Akhtar. 2012. Framework For Benchmarking Online Retailing Performance Using Fuzzy AHP and TOPSIS Method. International Journal of Industrial Engineering Computations. 3(2012): 561-576.

Sanjaya, Iman. 2012. Pengukuran Kualitas Website Kementrian Kominfo dengan Menggunakan Metode WebQual 4.0. Jurnal Penelitian IPTEK-KOM. 14(1): 1-14.

Putra, Zahreza Fajar Setiara Sholeh, Mohammad dan Widyastuti, Naniek. 2014. Analisis Kualitas Layanan Website BTKP-DIY menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal JARKOM. 1(2): 174-184.

Furkonudin Suryadi, Emi dan Darmanto. 2016. Evaluasi Kualitas Layanan Website E-commerce Blibli.Com Menggunakan Metode Webqual 4.0 Terhadap Keputusan Pembelian Online. Dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2016. 7-12.

Heng, Michael SH. 2003. Undrestanding Electronic Commercce from A Historical Prespective. Communication of the Assoc for Information System. 12(2003): 104-118.

Monga, Ruchi. 2012. The Business Impact of E-commerce. Gian Jyoti E-Journal. 1(2): 1-8.

Bidgoli, Hossein. 2002. Electronic Commerce: Principles and Practice. New York: Academic Press.

Ahmadi, Candra dan Hermawan, Dadang. 2013. E-Business & E-commerce. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Barnes, Stuard J dan Vidgen, Richard. 2003. Measuring Web Site Quality Improvements: a Case Study of The Forum on Strategic Management Knowledge Exchange. Industrial Management & Data System. 5(103): 297-309.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.