IMPLEMENTASI BUSINESS INTELLIGENCE UNTUK MENENTUKAN MAHASISWA PENERIMA BEASISWA

Ricky Akbar, Widya Wulandari, Zikrya Hasanah, Hesti Gravina

Abstract


Seiring dengan perkembangan tekologi informasi membuat segala aspek pekerjaan menjadi lebih mudah. Perkembangan teknologi informasi dapat di implementasikan dalam berbagai aspek pekerjaan, salah satunya ialah pada bidang akademik dalam menentukan mahasiswa-mahasiswa pada sebuah universitas yang berhak menerima beasiswa sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Dalam implementasinya, tentu sulit dalam menentukan siapa saja mahasiswa yang berhak menerima beasiswa tersebut dikarenakan data yang teramat banyak pada setiap angkatan mahasiswa. Maka dari itu pihak akademik pada sebuah universitas ingin mendapatkan informasi mengenai mahasiswa yang tepat yang berhak untuk menerima beasiswa tersebut, namun banyaknya data mahasiswa yang ada membuat proses pengambilan informasi berjalan lamban jika dilakukan dengan query standard pada database. Dalam menentukan mahasiswa yang berhak menerima beasiswa tentu banyak faktor yang membuat mahasiswa tersebut pantas untuk dipilih karena banyak kriteria yang akan menentukan mahasiswa penerima beasiswa tersebut, seperti nilai indeks prestasi akademik mahasiswa, dan dari tingkat ekonomi mahasiswa. Business intelligece merupakan serangkaian proses untuk mendapatkan informasi dengan mudah dai data yang berukuran besar. Business intelligence tak lepas dari penggunaan data warehouse dan analisis data. Pada penelitian ini dilakukan pembuatan tree decision untuk pembuatan calon mahasiswa yang masuk kategori dalam penerimaan beasiswa selanjutnya akan dilakukan pembuatan dalam pengurutan calon mahasiswa yang berhak menerima beasiswa tersebut dengan menggunakan RapidMiner. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Online Analytical Processing (OLAP) serta operasi-operasi yang ada di dalamnya. Dengan menggunakan metode OLAP dan RapidMiner diharapkan akan mampu mempermudah dalam data mining yang menghasilkan pohon keputusan dalam pengambilan keputusan serta menentukan mahasiswa yang berhak menerima beasiswa pada sebuah universitas.

Full Text:

PDF

References


M. S. Anam, Pengembangan Perangkat Lunak Berbasis OLAP untuk Informasi Penjualan (Studi Kasus PT. Semen Gresik (Persero) Tbk.), Matematika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 2007.

Business Ingtelligence and Analytics: From Big Data to Big Impact, vol. MIS Quarterly Vol. 36 No. 4, pp. pp. 1165-1188, December 2012.

P. L. Setiawan, Rancang Bangun Aplikasi Business Intelligence Berbasiskan Arsitektur Aplikasi Akuntansi Accurate, Vols. JUISI, Vol. 01, No. 02, Agustus 2015 .

P. D. A. Pamungkas, “Jurnal Informastika,” Menentukan Kemungkinan Masuknya Calon Mahasiswa Baru Pada Sebuah Perguruan Tinggi Swasta Menggunakan Teknik Klasifikasi Pohon Keputusan Dengan Aplikasi Rapidminer 5.1, vol. Vol 15 No 1, Juni 2015.

Introducing RapidMiner Academia for Students, Professors and Researchers :.

PowersD, “Evaluation: From Precision, Recall, and F-Measure to ROOC, Infomedness, Markedness & Correlation,” Journal of Machine Learning Technologies, pp. 37-63, 2011.

F. Gorunescu, Data Mining Concepts, Model and Techniques, Berling: Springer, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.