SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SARANA PRASARANA SEKOLAH (Studi Kasus : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak)

Awaludin Awaludin, Eki Saputra

Abstract


Keberhasilan program pendidikan dalam belajar mengajar sangat dipengaruhi beberapa faktor, seperti siswa, kurikulum, pendidik dan tenaga kependidikan, dana, sarana dan prasarana dan faktor lingkungan. Salah satu faktor yang mendukung keberhasilan program pendidikan dalam proses pembelajaran adalah sarana dan prasarana pendidikan. Sistem pelaporan sarana dan prasarana saat ini dilakukan dengan cara mengisi borang yang telah ditentukan oleh dinas, borang yang telah ditentukan oleh dinas diberikan kepada UPTD pendidikan kecamatan yang ada disetiap kecamatan lalu diberikan kepada sekolah setelah diisi diserahkan kembalikan kepada UPTD pendidikan kecamatan lalu diserahkan kepada dinas untuk diproses. Pelaporan dan pendataan dilakukan satu kali setiap tahun ajaran. Kendala yang terjadi saat ini ialah dinas pendidikan kesulitan dalam memperoleh data/informasi terkait sarana dan prasarana sekolah khususnya sekolah dasar yang belum memiliki aplikasi pengolah data khususnya dibagian sarana dan prasarana. Kesulitan dalam pembuatan laporan sarana dan  prasarana. Maka dari  itu untuk pengatasi permasalahan yang selama ini terjadi dibangun sebuah sistem yang bisa membantu dinas pendidikan dalam pengelolaan data sarana dan prasarana yang ada,  serta bisa lebih cepat dalam melakukan pengadaan dan perubahan dalam meningkatkan kwalitas pendidikan kabupaten Siak dimasa yang akan datang. Pada tahap analisa dan perancangan sistem digunakan metode Object Oriented Analysis and Design (OOAD) serta menggunakan bahasa pemodelan Unified Modeling Language (UML) yang nantinya menghasilkan sistem informasi manajemen sarana prasarana sekolah (SIMSPSD).


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v2i2.2601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.