ANALISA PENERIMAAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE SI CADIAK PANDAI MENGGUNAKAN TECHNOLOGHY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA SMK N 1 BUKITTINGGI DI MASA PANDEMI COVID-19

Fellya Rahma Oktiva, Eki Saputra, Syaifullah Syaifullah, Medyantiwi Munzir

Abstract


Meningkatknya kasus positif-19 di Indonesia sangat berdampak di berbagai bidang terutama bidang pendidikan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia telah menyiapkan sebuah portal media pembelajaran Rumah Belajar – Kelas Maya dimana setiap daerah memiliki akses masing-masing. Untuk wilayah Sumatera Barat diberi nama Kelas Maya – Si Cadiak Pandai. Penerapan Media Pembelajaran ini pada SMK N 1 Kota Bukittinggi berlangsung semenjak pandemi Covid-19. Namun perlu kita ketahui penerimaan pengguna terhadap teknologi yang baru dikembangkan dan memiliki beberapa hambatan pada saat menggunakannya. Sehingga perlu dilakukan analisa terhadap tingkat penerimaan media pembelajaran online Kelas Maya – Si Cadiak Pandai menggunakan Technologhy Acceptance Model dengan pendekatan Structural Equation Model dan Partial Least Square. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah hipotesa yang telah dirancang pada tenaga pendidik berpengaruh secara signifikan terhadap penelitian dan pada peserta didik ditemukan dua hipotesis yang tidak berpengaruh secara signifikan. Rekomendasi penelitian adalah memberikan pelatihan dan buku panduan (manual book) sehingga dapat meningkatkan faktor kemudahan dan kegunaan pengguna dalam memahami media pembelajaran online Kelas Maya - Si Cadiak Pandai.

Penerimaan media pembelajaran online, Technologhy Acceptance Model, Structural Equation Model, Partial Least Square, Covid-19.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v7i2.13182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.