ANALISIS PENERIMAAN APLIKASI PLN MOBILE MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCPETANCE MODEL (TAM)

Muhammad Ilham, Zarnelly Zarnelly

Abstract


Aplikasi PLN Mobile merupakan aplikasi layanan PLN yang terdaftar di Google Play Store dengan tujuan agar dapat mempermudah pelanggan dalam melakukan pengaduan. Optimalisasi untuk menggunakan aplikasi PLN Mobile tersebut belum terlihat. Dalam penggunaan aplikasi PLN Mobile ini masih banyak pelanggan yang belum menggunakan aplikasi ini dalam melakukan pengaduan dan keluhan serta belum mengetahui manfaat dan kemudahan dari aplikasi ini. Tingkat kesiapan dari pengguna untuk menerima teknologi informasi memiliki pengaruh yang besar dalam menentukan sukses atau tidaknya penerapan teknologi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan Aplikasi PLN Moblie dengan menggunakan metode TAM. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu kebermanfaatan dan kemudahan penggunaan sebagai variabel bebas sedangkan penerimaan penggunaan sebagai variabel terikat. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan jumlah responden sebanyak 96 pelanggan PLN. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan pengunaan terhadap aplikasi PLN Mobile sebesar 29,8% dipengaruhi oleh faktor kebermanfaatan dan kemudahan penggunaan dengan hubungannya tergolong berarti sebesar 55,9%. Hal ini dapat membuktikan apabila nilai dari variabel kebermanfaaatan dan kemudahan meningkat, maka penerimaan penggunaan aplikasi PLN Mobile akan meningkat.

 

Kata kunci: PLN Mobile, Regresi Linier Berganda, Simple Random Sampling, Technology Acceptance Model (TAM)


Full Text:

PDF

References


Hariyanti, A. (2015). Kualitas pelayanan keluhan pelanggan pt. pln (persero) rayon sinjai (studi kasus pelayanan penambahan daya) (B.S. thesis). Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Makassar.

Murti, T., Abdillah, L. A., dan Sobri, M. (2015). Sistem penunjang keputusan kelayakan pemberian pinjaman dengan metode fuzzy tsukamoto. arXiv preprint arXiv:1506.00091.

Saniyah, D., dkk. (2018). Analisis penerimaan aplikasi field service operation (fso) mobile menggunakan technology acceptance model (tam) (studikasus: Pt pln (persero) rayon kota bandung) (Unpublished doctoral dissertation). Fakultas Teknik Unpas.

Dalimunthe, N., Meflinda, A., dan Azmi, S. (2014). Analisis pengaruh faktor kemudahan dan manfaat terhadap penerimaan pengguna sistem informasi data pokok pendidikan dasar (studi kasus: Dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten kampar). Jurnal Sains dan Teknologi Industri, 12(1), 122–128.

Rumyeni, R., dan Putra, D. (2016). Analisis penerimaan aplikasi ubersocial dengan menggunakan technology acceptance model dijurusan ilmu komunikasi universitas riau (Unpublished doctoral dissertation). Riau University.

Internet:

PLN. (2019). Profil perusahaan. Retrieved from https://www.pln.co.id/ tentangkami/profil-perusahaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v7i1.11549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.