APLIKASI OBJEK WISATA BERBASIS ANDROID DI KOTA PEKANBARU

Medyan Tiwi Rahmawita, Desfah Iriadi

Abstract


Kota Pekanbaru Ibukota Provinsi Riau, Indonesia. Kota ini merupakan salah satu sentra ekonomi di bagian timur pulau Sumatra. Salah satu penunjang kemajuan ekonomi kota pekanbaru adalah di bidang Pariwisata. Informasi mengenai pariwisata  yang beredar masih sedikit dan tidak lengkap. Informasi tersebut di tampilkan menggunakan media berupa blog dan website. Selain itu, wisatawan juga mengalami kesulitan untuk menuju tempat objek wisata karena tidak tersedia rute yang jelas.  Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penulis mengembangkan sebuah aplikasi pariwisata berbasis android untuk memudahkan wisatawan dalam mencari informasi dan rute wisata. Sistem di kembangkan dalam dua bagian, yaitu sistem berbasis web untuk administrator dan aplikasi berbasis android untuk wisatawan. Pengelolaan pada sistem administrator berguna untuk mengelola data terkait objek wisata sedangkan penggunaan yang terdapat pada aplikasi objek wisata utuk menyediakan informasi pariwisata yang di lengkapi dengan rute. Berdasarkan hasil uji black box pada aplikasi objek wisata berjalan 100% sedangkan berdasarkan user acceptance test (UAT) pada aplikasi objek wisata yang dilakukan oleh 20 responden pengguna android dengan persentase 85%. Berdasarkan uji black box dan UAT, dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat digunakan sebagai salah satu media dalam membatu menjadi rekomendasi bagi wisatawan yang akan berwisata di kota Pekanbaru.

Full Text:

PDF

References


Megawati, & Viddiany, S. (2015). Pengkuran Tingkat Kematangan Sistem Otomasi Menggunakan MATURITY MODEL pada Proses Mengelola Kinerja dan Kapasitas (DS3). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Volume 1 No 2, 43-49.

Eddy, P. (2009). Sistem Informasi Geografis Konsep-Konsep Dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika). Bandung: Informatika.

Statistik, B. P. (2017). Statistik Kunjungan Wisatawan Mancanegara. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Ardi, Y. (2016). Traveller information system kota pekanbaru berbasis web geographic information system (Unpublished doctoral dissertation). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Melyanti, R., Andreas, Y., dkk. (2017). Sistem e-wisata pada dinas pariwisata di kota pekanbaru berbasis android. Jurnal Ilmu Komputer, 6(2), 124–127.

Indonesia, R. (1990). Undang-undang republik indonesia nomor 9 tahun 1990 tentang kepariwisataan. Presiden Republik Indonesia.

Safaat, N. (2018). Pemrograman bergerak. Al-Mujtahadah Press.

Safaat, N. (2013). Aplikasi berbasis android. INFORMATIKA..

Amri, M. S. (2011). Membangun sistem navigasi di surabaya menggunakan google maps api. Jurnal Teknik Informatika. Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Surabaya.

Astuti, E. S., Santoso, N., dan Wijaya, I. D. (2018). Sistem informasi pencarian dan navigasi lokasi wisata bersejarah kota malang berbasis android. SEMNASKIT 2015.

Fikry, M., Yusra, & Afrianty, I. (2015). Analisa dan Perancangan Berorientasi Objek. Pekanbaru: CV.Asa Riau




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v7i1.10264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.