Word Of Mouth: Dahulu, Kini Dan Nanti

Yahya Thariq Albab Basusena, Dewi Puri Astiti

Abstract


Word of mouth salah satu bentuk media pemasaran yang telah ada sedari dulu menunjukkan eksistensinya di tengah gempuran berbagai bentuk media pemasaran masa kini. Artikel ini berusaha menjelaskan bagaimana eksistensi word of mouth di masa kini dan bagaimana word of mouth dapat mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan proses pembelian dalam kehidupan sehari-hari melalui kajian literatur. Dinamika yang terjadi antara word of mouth dan perilaku keputusan pembelian konsumen dapat terkait dengan teori keputusan pembelian. Dalah teori keputusan pembelian word of mouth dapat menjadi sumber informasi bagi konsumen yang dapat bersifat lebih personal dan kredibel. Berbagai penelitian telah membuktikan bagaimana word of mouth masih tetap dipertimbangkan dan menjadi salah satu pemeran kunci dalam mempengaruhi perilaku konsumsi konsumen. Hasil dari kajian literatur menemukan keberadaan word of mouth di kalangan pemasar dan konsumen khususnya terhadap perilaku konsumen dalam membeli suatu produk atau merek masih eksis hingga saat ini


Full Text:

PDF

References


Aries, M., Sunarti, S., & Mawardi, M. K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Make-up Artist yang Membeli dan Menggunakan Produk KRYOLAN di Kabupaten Bojonegoro). Jurnal Administrasi Bisnis, 60(3), 36-44.

Febriani, D., Mujiasih, E., & Prihatsanti, U. (2011). Hubungan antara Persepsi Terhadap Word of Mouth (WOM) dengan Intensi Membeli Makanan Vegetarian pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi Undip Vol, 10(1).

Harianto, D. (2008). Standar Penentuan Informasi Iklan Menyesatkan.

Kartajaya, H. (2007). Hermawan kartajaya on Segmentation. Mizan Pustaka.

Kotler, P. & Gery. A. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi kedua belas. Jakata: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management. 14th edition. New Jearsey : Presentice Hall

Kumala, Octaviantika Benazir. (2012). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Tune Hotels Kuta-Bali. Skripsi. Universitas Indonesia.

Lestari, S. A., & Rahmidani, R. (2019). Pengaruh Harga Dan Word Of Mouth (Wom) Terhadap Minat Beli Laptop Merek Toshiba Dikalangan Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen, 2(3), 524-531.

Mahendrayasa, A. C. (2014). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Pengguna Kartu Selular GSM “IM3” Angkatan 2011/2012 dan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 12(1).

Marisa, N. (2013). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap kawasan perumahan mustika plamongan elok semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 12(3), 301-316.

Mulyadi, (2007), “Efektivitas Word of Mouth”, Marketing 03/VII/ Maret, 53-54.

Nurfajriani, S. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Word Of Mouth Pada Ilo Spa Di Bandar Lampung (Doctoral dissertation, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS).

Pamungkas, B. A. (2016). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang). Jurnal Komunikasi, 10(2), 145-160.

Rahayu, P. (2014). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumenproduk Smartfren Andromax (studi pada mahasiswa kampus ketintang Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 2(1).

Schiffman, Leon G. dan Kanuk, Leslie Lazar. (2010). Perilaku Konsumen (Edisi 7). Prentice Hall. Jakarta

Sernovitz, A., Kawaski, G., & Godin, S. (2006). Word of mouth marketing. Dearborn Trade, A Kaplan Professional Company.

Shimp, Terence A. (2003). Periklanan Promosi: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Dialihbahasakan oleh Revyani Sahrial, Dyah Anikasari. Jakarta: Erlangga

Solomon, M. R. (2010). Consumer behaviour: A European perspective. Pearson education.

Solomon, M. R. (1998). Consumer Behaviour: Buying, Having and Being, (4th ed.). Prentice Hall, Upper Saddle River, NJ.

Sriwardiningsih, E. (2011). Word of Mouth sebagai Efek Respon Positif dari Kepuasan Konsumen dan Dampaknya pada Pembelian Kembali: Studi Kasus Mahasiswa sebagai Konsumen Yoghurt Activia. Binus Business Review, 2(1), 477-484.

Swasta, B., Dharmesta, dan Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Yasvari, Tahmoures, Hasangholipour., Ghassemi, Reza, Abachian., dan Rahrovy, Elnaz. (2012). Influental Factors on Word of Mouth in Service Industries (Case of Airline Company). Internasional journal of Learningf & Development, Vol. 2, No. 5, ISNN: 2164-4063.

WOMMA. (2007). An introduction to WOM Marketing. WOM 101, 1:1-6




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v1i3.9855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : PSIKOBULETIN : BULETIN ILMIAH PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats />

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.