Sinergitas Orang Tua-Guru dalam Membentuk Karakter Jujur dan Daya Juang Siswa

Ayu Sundari

Abstract


Jujur dan daya juang merupakan karakter yang penting bagi siswa. Karakter jujur dan daya juang  merupakan modal dasar bagi siswa untuk meraih prestasi akademik maupun non akademik. Artikel ini mencoba membahas bagimana peran orangtua dan guru dalam membentuk karakter jujur dan daya juang siswa, serta membahas dalam perspektif lapangan (pengalaman personal) maupun teoritis. Dalam membentuk karaktet jujur dan daya juang perlu sinergitas semua pihak terutama keluarga (orangtua) dan sekolah (guru). Peran orangtua sangat penting terutama sebagai pembentukan awal karakter jujur dan daya juang. Orangtua berperan sebagai transfer nilai, dan model bagi siswa. Sementara sekolah merupakan salah satu tempat penerapan karakter jujur dan daya juang bagi siswa. Di sekolah, peran guru menjadi signifikan khususnya dalam transfer nilai dalam  pembentukan  karakter jujur dan daya juang melalui hubungan positif, motivasi, serta lingkungan yang kondusif bagi siswa. Pada akhirnya, sinergitas orangtua dan guru menjadi penting dalam pembentukan karakter jujur dan daya juang siswa.

Kata kunci:jujur, daya juang, orangtua, guru


Full Text:

PDF

References


Agustin, D.S.Y , Suarmini,N.W, & Prabowo,S (2015).Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak . Jurnal Sosial Humaniora, 8(1), 46-54.

Amin, M (2017). Peran Guru Dalam Menanamkan Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan. TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan,1, (1),105-124

APA. (2020). Resilience Guide for Parent and Teacher.diterima tanggal 6 April 2019 Dari https://www.apa.org/helpcenter/resilience.

Asrul, Ananda, R, & Rosnita, (2014), Evaluasi Pembelajaran.Bandung: Citapustaka Media

Benishek, L.A & Lopez. F.G (2001). Development And Evaluation Of The Revised Academic Hardiness Scale. Journal Of Career Assessment. 9(4), 333-352.

Cassen, R, Feinstein, L & Graham, P. (2008). Educational Outcomes: Adversity and Resilience. Social Policy & Society 8:1, 1–13.

Chairilsyah, D (2016) .Metode dan Teknik Mengajarkan Kejujuran Pada Anak Sejak Usia Dini . Educhild 5 (1) 8-14

Fitri, N, Safei, & Marjuni, H (2016). Pengaruh Sikap Kedisiplinan dan Kejujuran Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Biotek ,4 (1) 83-100

Herdian (2017). Ketidakjujuran Akademik Pada Saat Unbk Tahun 2017. Jurnal Psikologi Jambi 2 (2) 1 - 11

Inten, D.N (2017). Penanaman Kejujuran Pada Anak Dalam Keluarga. Jurnal Family Edu 3 (1) 35 – 45.

Kiswarday, V.(2010). Empowering Resilience Within The School Context Metodički obzori, 7, 93-103

Kusmanto, A.S (2015). Kontribusi Konselor Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik SMA. Jurnal Konseling GUSJIGANG 1 (1) ISSN 2460-1187

Mirzaeia, F & Kadivarzareb, H (2014). Relationship between parenting styles and hardiness in high school students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 3793 – 3797.

Nakao K, Takaishi J, Tatsuta K, et al. (2000). The influences of family environment on personality traits. Psychiatry and Clinical Neuroscience; 54: 91–95.

Trifiriani, M & Agung, I.M (2017) Academic Hardiness dan Prokrastinasi pada Mahasiswa.

Jurnal Psikologi, 13( 2), 142-149.

Priyono, H (2019) Jawa Pos , Krisis Kejujuran . duterima tanggal 5 April 2020, diakses dari https://radarsolo.jawapos.com/read/2019/06/28/143684/krisis-kejujuran

Rahmawati,Y & Raudatussalamah (202020.Perilaku Merokok Pada Pelajar: Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan. . Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi 1(1), 20– 28

Rochmawati, N (2018). Peran Guru Dan Orang Tum Membentuk Karakter Jujur Pada Anak. Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam 1 (2), 1 - 12

Rojas, L. F F.(2015). Factors Affecting Academic Resilience in Middle School Students: A Case Study1. Gist Education and Learning Research Journal. 11, 63-78.

Samrin .(2016) Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai) Jurnal Al-Ta’dib 9(1), 120-143

Sulthoni, (2016). Pendidikan Nilai Berbasis Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat. Edcomtech,16(1), 93-102.

Sundari, A. (2019). Kisah Anak Bidong. Surabaya: CV Pustaka Media Guru

Suparno (2018) Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Karakter Smart Siswa Di Sekolah Islam Terpadu . Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 62-73.

Triatmanto, (2010). Tantangan Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Cakrawala Pendidikan, Edisi Khusus Dies Natalis UNY, 187-203

Yuberti (2015). Ketidakseimbangan Instrumen Penilaian Pada Domain Pembelajaran Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni,. 1-11 diakses dari Ejournal.Radenintan.ac.Id




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v1i2.9555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : PSIKOBULETIN : BULETIN ILMIAH PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

Flag Counter

 

Creative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License