Menyelisik Penampilan Pendidik Dari Kaca Mata Siswa Dalam Pemberian Layanan Psikologis Dengan Konseling

Sumarni Sumarni, Elni Yakub

Abstract


Kehadiran guru Bimbingan dan Konseling disekolah diharapkan mampu menjadi solusi dalam upaya pencegahan dan pengentasan dari permasalahan siswa. Melalui berbagai layanan yang diberikan diharapkan dapat menjembatani berbagai keadaan dan hubungan  yang kurang harmonis antara siswa dan guru BK. Keadaan yang dimaksud adalah tidak terungkapnya apa yang menjadi kebutuhan dan  harapan siswa terhadap layanan BK, serta permasalahan yang dihadapi oleh  siswa, baik yang terkait dengan bidang pribadi, sosial, belajar dan karir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang hal-hal yang menjadi perhatian siswa dan yang paling berkesan bagi siswa dari penampilan guru BK dalam memberikan layanan psikologis dengan konseling.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N 45 Pekanbaru dan seluruh siswa SMP N 21 Pekanbaru sebanyak 1120 siswa. Instrument yang digunakan adalah kuesioner. Dan data yang diperoleh akan dianalisa dengan cara mencari prosentase dari setiap jawaban responden terhadap setiap butir soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keseluruhan responden di SMP N 45 Pekanbaru dan di SMP N 21 Pekanbaru secara umum memiliki perhatian dan kesan yang sama tinggi terhadap aspek bahasa konselor, sikap penerimaan konselor dan manfaat materi layanan


Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2016). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya (2nd ed.). Pustaka Pelajar.

Cahyono, A. H., & Darminto, E. (2013). Hubungan antara Persepsi dan Sikap Siswa terhadap Bimbingan dan Konseling dengan Minat Siswa untuk Memanfaatkan Layanan Bimbingan dan Konseling. Unesa, Journal Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 16–25.

Emilya, & Erawati. (2015). Hubungan Persepsi Siswa terhadap Layanan Konseling Individu dengan Tingkat KepuasanSiswa Berkonseling di SMP Negeri 1 Kebomas Gresik. Jurnal Psikosains, 10(1), 44–53.

Fraddy, R. (2003). Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama.

Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan Dan Konselingpada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah, 1 (2014).

Kunto, S. A. (2013). Managemen penelitian (p. 503). PT Rineka Cipta.

Kustiningsih. (2017). Pengaruh Metode Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Bimbingan Pribadi dan Bimbingan Belajar di SMP Negeri 3 Sentolo dan MTs Negeri Wates Kabupaten Kulon Progo Tahun Pelajaran 2015-2016. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(2), 277–290.

Negeri, S. M. A., Email, P., Yogyakarta, P., & Penelitian, M. (2019). Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Upaya Meningkatkan Mutu Belajar Pendahuluan. Media Manajemen Pendidikan, 1(1), 131–143.

Prayitno, E. A. (1999). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.

Rini, D. S., Dewi Justitia, & R, D. S. (2016). Kompetensi Kepribadian Guru BK ( Survei pada Guru Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama dan Sederajat Se-Kecamatan Citeureup ). Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 27–35.

Sugiyono. (2015). Statistik untuk Penelitian. Alfabeta.

Tjalla, A., & Hendri. (2015). Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor (Guru BK/K) Lulusan Diklat Program Alih Fungsi di Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Psiko-Edukasi, 13(1), 1–12.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). PT. Raja Grafindo Persada.

Tohirin. (2014). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Berbasis Integrasi dan Kompetensi). In PT. Raja Grafindo Persada (Revisi). PT. Raja Grafindo Persada.

Tri syafni putri. (2019). Hubungan antara Persepsi Siswa terhadap Sense of Humor Guru dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(8), 567–580.

Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional, 1 (2003). https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004

Wiillis Sofyan. (2009). Konseling Individual Teori dan praktek. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v1i2.9504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : PSIKOBULETIN : BULETIN ILMIAH PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

Flag Counter

 

Creative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License