Peer Attachment dengan Regulasi Emosi Pada Santri

Intan Muthia Luthfi, Desma Husni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara peer attachment dengan regulasi emosi (cognitive reappraisal dan expressive suppression) pada santri Dar El Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian terdiri dari 220 santri dari kelas VIII dan IX. Penelitian ini menggunakan skala regulasi emosi (ERQ-CA) dan skala peer attachment (IPPA) yang disusun untuk mengukur regulasi emosi cognitive reappraisal, regulasi emosi expressive suppression, dan peer attachment. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis pearson product moment diperoleh koefisien korelasi r=0,553, p=0,000 (p≤ 0,05) yang berarti bahwa terdapat hubungan antara peer attachment dengan regulasi emosi cognitive reappraisal. Analisis kedua diperoleh hasil r=0,251, p=0,000 (p≤ 0,05) yang berarti bahwa terdapat hubungan antara peer attachment dengan regulasi emosi expressive suppression. Peer attachment  yang terbentuk melalui interaksi dan komunikasi membantu santri untuk mengelola emosi  saat mengalami masalah, khususnya masalah selama berada di Pondok Pesantren


Full Text:

PDF

References


Armsden, Gay G & Greenberg, Mark T. 1983. The Inventory of Parent And Peer Attachment : Individual Differences and Their Relationship to Psychological Well-Being In Adolescence. Paper Presented At The Annual Meeting Of The Western Psychological Assosiation

__________.1987. The Inventory of Parent and Peer Attachment : Individual Differences and Their Relationship to Psychological Well-Being in Adolescence.

__________. 2009. The Inventory of Parent and Peer Attachment: Individual Differences and Their Relationship to Psychological Well-Being in Adolescence. College of Health and Human Development. Tersedia pada:: https://www.researchgate.net/publication/258923895.

Bowlby, J. 1982. Attachment and Loss: Vol. 1. Attachment (2nd ed.). Basic Books, New York.

Dennis, T. A. 2007. Interaction Between Emotion Regulation Strategies and Affective Style : Implications for Trait Anxiety Versus Depressed Mood. Journal Hunter College. 200-207.

Gross, J.J. 1998. Antecedent- And Response- Focused Emotion Regulation: Divergent Consequences for Experience, Expression, and Physiology. Journal Of Personality And Social Psychology. 74: 224-237.

__________. 2001. Emotion Regulation in Adulthood: Timing is Everything. Current Directions In Psychological Science. 10: 214–219.

__________. 2002. Emotional Regulation : Affective, Cognitive, and Social Consequences. Psychophysiology. 39: 281-291.

__________. 2003. Individual Differences in Two Emotion Regulation Processes: Implications for Affect, Relationships, And Well-Being. Journal of Personality And Social Psychology. 85: 348–362.

Gross, J.J & Thompson, R.A. 2007. Emotion Regulation: Conceptual foundation. In J.J. Gross (ed). Handbook of emotion regulation. New York: Guilford Press

Jannah, Malislichah Raichatul. 2015. Regulasi Emosi dalam Menyelesaikan Permasalahan pada Remaja. Jurnal Psikologi Universitas Surakarta. 4(1): (6-15).

Lestari, Dwi Ayu & Satwika, Yohana Wuri. 2018. Hubungan antara Peer Attachment dengan Regulasi Emosi pada Siswa Kelas VIII di SMP 28 Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi. Universitas Negeri Surabaya.

Mate, G. and Neufeld, G. 2004. Hold on to your kids: Why parents need to matter more than peers. Toronto: Vintage Canada.

Pratisti, Wiwien, Dinar. 2012. Peran Kehidupan Emosional Ibu, Budaya, dan Karakteristik Remaja pada Regulasi Emosi Remaja. Jurnal Psikologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rasyid, M. 2012. Hubungan antara Peer Attachment dengan Regulasi Emosi Remaja yang Menjadi Siswa di Boarding School SMA Negeri 10 Samarinda. Jurnal psikologi pendidikan dan perkembangan. 1(3): 1-7.

Santrock. 2003. John W. Adolescence. Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta : Erlangga

__________. 2007. Adolescence, eleventh edition (Terjemahan Benedictine Widyasinta). Jilid 2. Jakarta: Erlangga




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v1i2.9374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : PSIKOBULETIN : BULETIN ILMIAH PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

Flag Counter

 

Creative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License