What We Talk About When We Talk About: “Digital Parenting”

Arindya Yulia Fitri Rodhiya

Abstract


Digital  parenting  atau  pengasuhan  digital  merupakan pengasuhan yang memberikan  batasan  jelas  kepada  anak tentang hal-hal yang boleh maupun yang tidak boleh dilakukan pada saat menggunakan perangkat digital. Adapun yang harus dilakukan orangtua terhadap anak adalah controlling. Orangtua merasa tertantang terutama karena anak-anak mereka menggunakan perangkat seluler yang sulit diawasi, dan ketidakpahaman mereka tentang  layanan pada perangkat seluluer  yang secara teknologi rumit. Oragtua juga dipengaruhi oleh kekhawatiran tentang waktu, kecanduan internet, bahaya orang asing dan sebagainya. Dalam ranah penelitian menunjukan dimensi pola asuh orang tua atau peran orang tua yang secara positif mempengaruhi anak-anak. peran orang tua yang diterapkan dalam dunia digital anak-anak, sebagai berikut: Hubungan antara orangtua-anak, kontrol perilaku digital anak, menghormati akses digital anak terhadap individualitas, pemodelan perilaku yang sesuai dari orangtua, perlindungan terhadap digital. Memahami apa yang dilakukan anak-anak online sangat penting untuk kesejahteraan mereka dan untuk kesejahteraan keluarga di era digital. Artikel ini menyediakan pengantar singkat mengenai pengasuhan digital.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Muhammad Fakhrul. (2010). Dampak Teknologi Informasi danKomunikasiterhadap Perilaku Anak.Bandung: FMIPA: Universitas Pendidikan Indonesia.

Aslan. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania. 7(1). 20 – 34.

Baharun H. (2019). Smart Techno Parenting: Alternatif Pendidikan Anak Pada Era Teknologi Digital. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan. 7(1), 52-69. diunduh dari: https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.625

Byrne, J., Kardefelt-Winther, D., Livingstone, S. & Stoilova, M. (2016). Global Kids Online Research Synthesis, 2015–2016. Florence: UNICEF Office of Research – Innocenti and London School of Economics and Politi-cal Science. Diunduh dari https://www.unicef-irc.org/publications/869/ tanggal 30 November 2019.

Darojad, Zakiyah. (2010). Kesehatan Mental. Jakarta;Haji Masagung.

Gerrard, Philippa. (2019). Digital parenting: What can we do to make sure children are safe in a world that they often know more about than we do?. Diunduh dari https://www.pressandjournal.co.uk/fp/news/1547119/digital-parenting-what-can-we-do-to-make-sure-children-are-safe-in-a-world-that-they-often-know-more-about-than-we-do/ tanggal 30 November 201.

Georgiev, M., Hajdinjak, M., Kanchev, P. & Apostolov, G. (2017). Parental Support for Development of Chil-dren’s Digital Skills. Sofia: Bulgaria Kids Online. Diakses dari

https://www.safenet.bg/images/sampledata/files/Parental-support.pdf tanggal 30 November 2019.

Isnanita, N. (2018). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Di Era Digital. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam. 7(1); p-ISSN 2442-2401; e-ISSN 2477-5622

Livingstone, S. & Byrne, J. (2018). Challenges of Parental Responsibility in a Global Perspective. pp 26-29 in Gasser, U. (Ed.), Digitally Connected: Global Perspectives on Youth and Digital Media. Cambridge: Berkman Center for Internet and Society, Harvard University.

Logar, S., Anzelm, D., Lazic, D. & Vujacic, V. (2016). Global Kids Online Montenegro: Opportunities, Risks and Safety. IPSOS, Government of Montenegro and UNICEF. Diakses dari www.globalkidsonline.net/montenegro tanggal 25 November 2019.

Mascheroni, G. (2014) Internet di rumah tangga Italia: orang tua dan wacana anak-anak. Journal of Children dan Media. 8(4). 440-456.

Matthew N. O,. (2017). Digital Parenting. Jurnal Sains dan teknologi rekayasa multidisiplin. 4(1)

Nansen, B. (2016) Intermediasi: digital pengasuhan dan produksi 'bayi iPad' video di YouTube. Journal of Media Penyiaran & Elektronik , vol. 60(4). 587-603

Palupi, Yulia. (2015) Digital Parenting Sebagai Wahana Terapi Untuk Menyeimbangkan Dunia Digital Dengan Dunia Nyata Bagi Anak. (pp 47-50), Yogyakarta.

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. AR-RIAYAH. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 38–50.

Rahmat, S. T. (2018). Pola Asuh Yang Efektif Untuk Endidik Anak Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(2), 143–161.

Stephanus T. (2018). Pola Asuh Yang Efektif Untuk Mendidik Anak Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2). 137-273

World Health Organisation. (2007). Helping Parents in Developing Countries Improve Adolescents’ Health. Geneva. Diakses dari http://apps.who.int/iris/bitstream/10665/43725/1/9789241595841_eng.pdf?ua=1&ua=1 . tanggal 30 November 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v1i1.8408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : PSIKOBULETIN : BULETIN ILMIAH PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

Flag Counter

 

Creative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License