Salah Kaprah Memahami Kedisiplinan: Tinjau Ulang Konsep Disiplin Pada Anak Melalui Kacamata Psikologi Pengasuhan Islami

Inas Zahra

Abstract


Kekerasan pendisiplinan (violent discipline) di rumah adalah bentuk kekerasan yang paling umum dialami oleh anak-anak usia 1 hingga 14 tahun. Dalam ranah penelitian, literatur anak usia dini dari beberapa negara maju telah menunjukkan hubungan negatif antara praktik pengasuhan yang keras dengan kemampuan bahasa serta keterampilan sosial dan berbagai perkembangan anak. Salah satu penyebab pengasuhan yang negatif adalah anggapan bahwa hukuman fisik adalah cara terbaik untuk menegakkan disiplin. Padahal pengasuhan yang menggandeng kekerasan bukanlah solusi dalam mengatasi perilaku anak yang buruk, tidak pula menjadi jaminan anak dapat disiplin ketika dewasa kelak, dewasa ini ada konsep segar yang cukup menjanjikan yang bernama disiplin positif. Beberapa orang tua cukup skeptis dengan konsep disiplin positif yang ada dalam ilmu psikologi dikarenakan mereka merasa konsep tersebut bersebrangan dengan apa yang disampaikan Islam, dimana Islam memperbolehkan memukul anak ketika anak tersebut tidak melaksanakan perintah agama. Padahal dalam Islam, terdapat cukup banyak pertimbangan dan tahapan sebelum akhirnya dikatakan “boleh” memukul. Islam juga dengan tegas dan jelas menggarisbawahi bahwa kekerasan pada anak merupakan perbuatan yang tidak diperbolehkan. Artikel ini akan membahas mengenai konsep disiplin positif dari perspektif psikologi pengasuhan islami dalam rangka menghapus miskonsepsi orang tua muslim dalam memaknai kata disiplin.


Full Text:

PDF

References


Kurniasari, A. (2015). Kekerasan Versus Disiplin dalam Pengasuhan Anak. Puslitbang Kesejahteraan Sosial: Kementerian Sosial RI

Centre for Justice and Crime Prevention. (2012). Positive Discipline and Class Room Management. Claremont: Cape Town

Durrant, J. (2010). Positive Discipline in Everyday Teaching: A guide for educators. Sweden: Save the Children

Ferguson, CJ. (2013). Spanking, corporal punishment and negative long-term outcomes: a meta-analytic review of longitudinal studies. Clin Psychol Rev. 33(1)

Jamiah, M., Sidek, B. (2016). Al-Ghazali’s Parenting Skills Attributes Model. Jurnal Hadhari 8 (1)

Manap, J., Hamzah, R., Amin, S., Kasim, C. (2017). Nurturing Islamic Values in Family via Self Discipline. Paper. International Symposium on Islam, Civilization and Science

Nielsen, J. (2007). Positive Discipline the First Three Years. United States: Harmony Book

Nurjannah. (2018). Kekerasan Pada Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Journal for Islamic Studies Vol. 2, No.1. Al-Afkar

Onderi, H & Odera, F. (2017). Discipline as a tool for effective school management. Educational Research Bondo University College, Kenya Vol. 3(9)

Ockwell, S. (2017). The Gentle Discipline Book. Great Britain: Piatkus Publishing

Slade & Wissow. (2004). Spanking in early childhood and later behavior problems: a prospective study of infants and young toddlers. Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health

Smith, AE., Hudnut-Beumler, J., Scholer SJ. (2017). Can discipline education be culturally sensitive? Matern Child Health J.21(1)

Steinberg, L. (2001). We know some things: Parent-adolescent relationships in retrospect and prospect. Journal of research on adolescence, Vol. 11 (1)

Tahera, K. (2019). Raising Children, Ten lessons on the Islamic way of raising children. Tayyiba Publishers & Distributors

Tandry, N. (2017). Happy Parenting without Spanking or Yelling. Jakarta: Buana Ilmu Populer

UNICEF Egypt. (2016). The Islamic Perspective on Protecting Children From Violence And Harmful Practices. Egypt: Dar Al-Kutb Al Marsya




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v1i1.8403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : PSIKOBULETIN : BULETIN ILMIAH PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

Flag Counter

 

Creative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License