Pola Asuh Otoritatif dan Psychological Well-Being Pada Remaja

yuliana intan lestari

Abstract


Psychological well-being merupakan suatu kondisi dimana remaja mampu mencapai fungsi psikologis yang optimal sebagai hasil pengalaman hidup yang diperolehnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi psychological well-being adalah evaluasi terhadap pengalaman hidup seperti pola asuh yang diberikan orangtua, salah satunya yaitu pola asuh otoritatif. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara pengasuhan otoritatif dengan psychological well-being pada remaja. Penelitian ini melibatkan 154 remaja di Pekanbaru yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala psikologi yakni  Psychological Well-Being Scale oleh Ryff (1996) dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,924 dan skala pola asuh otoritatif berdasarkan teori Baumrind (1991) dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,931. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa pola asuh otoritatif dan psychological well-being pada remaja berada pada kategori tinggi. Hasil analisis korelasi product moment diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,656 serta sumbangan efektif pola asuh otoritatif terhadap psychological well-being sebesar 0,43 atau 43% yang berarti terdapat hubungan positif antara pola asuh otoritatif dengan psychological well-being pada remaja. Artinya semakin baik pola pengasuhan otoritatif yang diterapkan orangtua maka semakin baik pula psychological well-being pada diri remaja. 

Full Text:

PDF

References


Agung, I. M. (2016). Aplikasi SPSS Untuk Penelitian Psikologi. Pekanbaru: Al-Mutjtahadah Press.

Agustina, L. (2014). Hubungan antara Persepsi terhadap Tiga Tipe Pola Asuh Orangtua dan Penerimaan Diri Siswa SMK STRADA III Jakarta Utara. Psiko Edukasi, 12(2). 135-144. Diunduh dari http://ojs.atmajaya.ac.id

Ambarita, A. (2019). Hubungan Pola Asuh Otoritatif Dan Lokus Kendali Internal dengan Psychological well-being Siswa SMA Negeri 12 Medan. Proceeding: The Dream Of Millenial Generation To Grow, 2(1). 151-169. Diunduh dari http://proceeding.uma.ac.id

Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Edisi ke-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bahrain, A, N. E. (2020). Pola Asuh Otoritatif terhadap Remaja. JIVA: Journal of Behavior and Mental Health, 1(1). 1-7. Diundug dari http://journal.iain-manado.ac.id

Baumrind, D. (1991). The Influence of Parenting Style on Adolescent Competence and Substance Use. The Journal of Early Adolescence, 11(1), 56–95. Diunduh dari http://dx.doi.org/10.1177/0272431691111004

Chan, T. W., & Koo, A. (2011). Parenting style and youth outcomes in the UK. European sociological review, 27(3), 385-399. Diunduh dari https://doi.org/10.1093/esr/jcq013

Hoskins, D. (2014). Consequences of Parenting on Adolescent Outcomes. Societies, 4(3), 506–531. Diunduh dari https://doi.org/10.3390/soc4030506

Jewell, J. A. (2015). Adolescents'gender Typicality, Psychological Well-Being, nd Experiences with Teasing, Bullying, and Rejection. Theses and Dissertations-Psychology. University of Kentucky.

Kang, J., & Guo, H. (2021). The effects of authoritative parenting style on young adult children’s prosocial behaviour: the mediating role of emotion-regulation. China Journal of Social Work, 1-16. Diunduh dari https://doi.org/10.1080/17525098.2021.1956760

Kaur, R., & Singh, S. (2019). A Study of Relationship between Career Decision Making and Parenting Style Among Adolescents. Editorial Board, 8(12), 61.

Khamim, N. (2021). Perkembangan Kepribadian Anak dengan Pola Asuh Permisif, Over Protektif dan Otoritatif. Journal of Education and Religious Studies, 1(01), 27-34. Diunduh dari https://journal.academiapublication.com

Khodabakhsh, S. (2014). Psychological well-being and parenting styles as predictors of mental health among students: Implication for health promotion. International Journal of pediatrics, 2(3.3), 39-46. Diunduh dari https://dx.doi.org/10.22038/ijp.2014.3003

Lu, W. (2019). Adolescent depression: national trends, risk factors, and healthcare disparities. American journal of health behavior, 43(1), 181-194. Diunduh dari https://doi.org/10.5993/AJHB.43.1.15

Maharani, R. (2017). Hubungan Antara Kelekatan pada Orang Tua dengan Kesejahteraan Psikologis Remaja (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Nayana, F. N. (2013). Kefungsian keluarga dan subjective well-being pada remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(2), 230-244.

Osborne, R. E. (2020). All in the Family: Parenting Style and Risk Behavior in College Students. Journal of Psychology and behavioral science, 8(1), 1-7. Diundah dari https://doi.org/10.15640/jpbs.v8n1a1

Poudel, A., Gurung, B., & Khanal, G. P. (2020). Perceived social support and psychological wellbeing among Nepalese adolescents: the mediating role of self-esteem. BMC psychology, 8(1), 1-8. Diunduh dari https://bmcpsychology.biomedcentral.com

Prabowo, A. (2016). Psychological well-being remaja di sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(2), 246-260.

Putri, P. N. A., & Rustika, I. M. (2017). Peran pola asuh autoritatif, efikasi diri, dan perilaku prososial terhadap psychological well-being pada remaja akhir di Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 4(1), 151-164. Diunduh dari https://doi.org/10.24843/JPU.2017.v04.i01.p16

Ryff, C. D. (1995). Psychological well-being in adult life. Current directions in psychological science, 4(4), 99-104. Diunduh dari http://dx.doi.org/10.1111/1467-8721.ep10772395

Ryff, C D., & Singer, B. (1996). Psychological Weil-Being: Meaning, Measurement, and Implications for Psychotherapy Research. Psychotherapy and Psychosomatics, 65(1), 14–23. Diunduh dari DOI:10.1159/000289026

Saputro, K. Z. (2018). Memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, 17(1), 25-32. Diunduh dari https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362

Sari, S. Y. (2017). Tinjauan Perkembangan Psikologi Manusia pada Usia Kanak-Kanak dan Remaja. Primary Education Journal (PEJ), 1(1), 46-50.

Sarwar, S. (2016). Influence of parenting style on children's behaviour. Journal of Education and Educational Development, 3(2). 222-249 . Diunduh dari http://dx.doi.org/10.22555/joeed.v3i2.1036

Wangsa, C. (2016). Deskripsi Tingkat Kesejahteraan Psikologis Remaja di Balai Pelayanan Sosial Asuhan Anak Wiloso Muda-Mudi di Purworejo Tahun 2016. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Yusuf, S. (2019). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v3i2.16914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : PSIKOBULETIN : BULETIN ILMIAH PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.