Tinjauan Epistemologi Implementasi Tes Psikologi Dalam Bidang Pendidikan

Raja Aulia Pitaloka

Abstract


Tes Psikologi adalah serangkaian alat yang digunakan Psikolog untuk mengevaluasi seseorang berdasarkan tujuan dilakukan tes. Tes Psikologi kini banyak digunakan di berbagai bidang kehidupan, termasuk di bidang pendidikan. Hasil Tes Psikologi dapat digunakan sebagai alat bantu dalam memprediksi, mendiagnosa, memantau, dan mengevaluasi. Tes Psikologi dalam bidang pendidikan biasanya dilakukan untuk pemilihan jurusan, program bimbingan karir untuk jenjang pendidikan selanjutnya, dan untuk menangani kasus-kasus yang terjadi pada dunia pendidikan. Sekarang ini banyak ditemukan sekolah-sekolah yang melaksanakan Tes Psikologi untuk para siswanya. Hal tersebut dikarenakan tes Psikologi dinilai sangat penting bagi guru dan orangtua untuk memahami potensi, bakat, dan kemampuan siswa. Selain itu, hasil Tes Psikologi dapat digunakan siswa untuk meyakinkan dan meningkatkan kesadaran diri dalam mengembangkan kemampuan mereka di bidang tertentu. Mengingat urgensi dari ilmplementasi Tes Psikologi di bidang pendidikan tersebut, maka perlu dilakukan kajian kebenaran agar kualitas pendidikan semakin meningkat. Metode dari penelitian ini adalah kajian pustaka dan didapat hasil bahwasanya faktor-faktor yang berperan dalam pendidikan siswa dapat dilihat dari hasil tes inteligensi, tes bakat, dan tes kepribadiannya.


Full Text:

PDF

References


Aiken, L.R., & Groth Marnath, G. (2006). Psychological Testing and Assesment. Boston: Pearson Educational Group

Anastasi, A., & Urbina, S. (2006). Psychological Testing. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.

Azwar, Saifuddin. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Cronbach, L. (1960). Essentials of Psychological Testing, 2nd ed. New York: Harper & Row Publisher.

Daulay, Nurussakinah. (2014). Implementasi Tes Psikologi dalam Bidang

Pendidikan. Jurnal Tarbiyah, 21(2); 402-421. Diunduh dari http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id

Depdiknas. (2003). Undang-undang RepubIik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diunduh dari https://pusdiklat.perpusnas.go.id

Fitriani, Wahidah. (2012). Bias Budaya dalam Tes Psikologi Ditinjau dari Aspek Testee dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ta’dib, 15(2); 189-198. Diunduh dari https://ojs.iainbatusangkar.ac.id

Gandadiputra, M. (1979). Tes Psikotes dalam Pemeriksaan Psikologis. Jakarta: Universitas Indonesia.

Gusrafli & Yusri, R. Teknik tes dan Non Tes Sebagai Alat Evaluasi Hasil Belajar. Katsoff, Louis O. (1986). Pengantar Filsafat. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Okoli, C. & Schabran, K. (2010). A Guide to Connducting a Systematic Literature Review of Information System Research. Sprout: Working papers on Information System, 10(26). Diunduh dari http://sprouts.aisnet.org

Sadli, S & Gandadiputra, M & Gunarsa, S & Sarwono, S & Moesono & Jatiputra. (1986). Inteligensi Bakat dan Test IQ. Jakarta : PT. Gaya Favorit Press.

Soemanto, Wasty. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipita.

Sukardi, D & Kusmawati, D. (2009). Analisis Tes Psikologis Teori & Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Zaprulkhan, Dr. (2015). Filsafat Ilmu: Sebuah Analisis Kontemporer. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v3i2.16314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : PSIKOBULETIN : BULETIN ILMIAH PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.