Perbedaan Kemampuan Problem Solving Berdasarkan Gender pada Guru MAN Kecamatan Lima Puluh Sumatera Utara

Ihda Roudhotul Jannah, Rakhmi Mashita, Nur Alfizar

Abstract


Kemampuan Problem Solving adalah kemampuan dasar yang dibutuhkan guru dalam menghadapi permasalahan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan problem solving berdasarkan gender atau jenis kelamin dan perspektif neuroscience pada guru di Madrasah Aliyah Negeri Kecamatan Lima Puluh Sumatera Utara.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data uji independent T-Test. Penelitian ini dilakukan kepada 70 guru di MAN Kecamatan Lima Puluh Sumatera Utara dengan menyebarkan skala problem solving, menggunakan googleform. Dari penelitian ini diperoleh hasil Uji F 0.040 dan signifikansi sebesar 0.842 ≥ 0.05. Artinya tidak ada perbedaan signifikan kemampuan problem solving berdasarkan gender atau jenis kelamin dan perspektif neuroscience pada guru di Madrasah Aliyah Negeri Kecamatan Lima Puluh Sumatera Utara


Full Text:

PDF

References


Alfizar, Nur (2021). Hubungan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) dan Problem Solving dengan Kompetensi Kepribadian Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kecamatan Limapuluh Sumatera Utara. (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Riau

Denim, S. (2002). Inovasi Pendidikan, dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Jannah, Miftahul. Pengaruh Pembelajaran Via Online Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar. (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar.Makassar.

Jatira Y & S. Neviyarni. (2021). Fenomena Stress dan Pembiasaan Belajar Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3 (1).35 – 43

Maulana, Hadi.(2021) Diduga Depresi, Guru Honorer Gantung Diri di Sekolah Tempat Ia Mengajar. Diunduh dari https://regional.kompas.com/read/2021/05/23/101001078/diduga-depresi-guru-honorer-gantung-diri-di-sekolah-tempat-ia-mengajar tanggal 29 Januari 2022

Pasiak, Taufik. (2004). Revolusi IQ/EQ/SQ: Antara Neurosains dan al-Qur’an. Bandung: Mizan Pustaka

Praptono, Didiek D. (2021). Stres Beban Mengajar Daring Terlalu Berat, Oknum Guru Tenggak Baygon. Diunduh dari https://radarbali.jawapos.com/hukum-kriminal/24/08/2021/stres-beban-mengajar-daring-terlalu-berat-oknum-guru-tenggak-baygon tanggal 29 Januari 2022

Purba, SA. (2020). Tingkat Stress pada Siswa yang Bersekolah dengan Media Daring di MAN 2 Model Medan. (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara, Medan.

Solso, R. (2007). Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulaeman, E., & Astriyani, A. (2016). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Strategi Problem Based Learning Pada Kelas VIII C SMP Muhammadiyah 29 Sawangan Depok. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(1), 31-43.

Sulasmono, B. S. (2012). Problem Solving: Signifikasi, Pengertian, dan Ragamnya. Jurnal Satya Widya, 28(2), 156-165.

Suprihatiningkrum, J. (2014). Guru Profesional : Pedoman Kinerja Kualifikasi & Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suyadi (2018). Differensiasi Otak Laki-laki dan Perempuan Guru Taman Kanak-kanak Aisyiyah Nyai Ahmad Dahlan Yogyakarta:Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Perspektif Gender dan Neurosains. Jurnal Studi Gender: Sawwa. Vol.13 (2). 179-202.

Suyanto, & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi Dan Kualitas Guru Di Era Global. Jakarta: Esensi Erlangga.

Toga, A.W & Thompson,P.M. “Mapping Brain Asymmetry,” Nature Review Neuroscience 4, no. January (2003): 33–46, https://doi.org/10.1038/nrn1009

Usman, M. U. (2011). Menjadi Guru professional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wismabrata, M.Hangga. (2021) . Guru Honorer di NTB Tewas Gantung Diri di Ruang Tamu, Ini Dugaan Pemicunya. Diunduh dari https://regional.kompas.com/read/2021/10/17/173702878/guru-honorer-di-ntb-tewas-gantung-diri-di-ruang-tamu-ini-dugaan-pemicunya?page=all tanggal 29 Januari 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v3i1.15970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.