Furqan pada Dual System Processing dalam Pengambilan Keputusan

Ricca Angreini Munthe, Yuli Widiningsih, Indah Puji Ratnani

Abstract


Kemampuan untuk membedakan yang baik dan buruk di dalam Islam disebut furqan. Dalam istilah umum kemampuan ini juga dianggap sebagai kemampuan penalaran moral. Furqan merupakan sifat yang mengontrol kecerdasan dengan cara yang benar. Seorang muslim mempercayai bahwa orang dengan kecerdasan tinggi selalu melibatkan Al-Qur'an dalam berpikir, bertindak dan berperilaku secara mulia dengan karakter yang didasarkan pada kebenaran sejati dari Allah. Lebih jauh lagi, furqan juga dianggap sebagai intuisi terhadap kebenaran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami makna dan karakteristik furqan serta bagaimana pengalaman orang menggunakan furqan dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini merupakan bentuk studi awal. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian studi pustaka. Analisis didasarkan pada telaah ilmiah dari teori-teori mengenai dual system processing dan telaah mengenai furqan. Dari hasil penelaahan teori dan kajian pustaka yang telah dilakukan, peneliti mendapatkan penjelasan bahwa istilah furqan lebih dekat dengan penalaran moral. Keduanya mengacu pada kemampuan untuk membedakan antara benar atau salah, tetapi furqan mengarah secara langsung ke intuisi untuk membedakan benar atau salah. Penalaran moral melibatkan pemikiran rasional, sedangkan furqan melibatkan intuisi. Dari penelitian studi pustaka ini diperoleh kesimpulan bahwa ketika seseorang memiliki karakter furqan di dalam dirinya, maka ia cenderung menggunakan sistem pertama dalam dual system processing ketika ia mengambil keputusan. Meskipun sistem pertama dalam dual system processing memiliki potensi bias yang sangat tinggi, namun kehadiran karakter furqan di dalam diri seseorang membuatnya mampu untuk mengambil keputusan dengan bijaksana


Full Text:

PDF

References


Ardelt, M. (2004). Wisdom as expert knowledge system: A critical review of a contemporary operationalization of an ancient concept. Human Development, 47(5), 257–285.

Ajzen, I. (1985). From Intentions to Actions: A Theory of Planned Behavior. In. J. Kuhl & J. Beckmann (Eds.), Action-Control: From Cognition to Behavior (pp.11-39). Heidelberg: Springer.

Creswell, J. W.2002. Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. New Jersey, Ohio: Merrill Prentice Hall

Dhar, R., & Gorlin, M. (2013). A dual-system framework to understand preference construction processes in choice. Journal of Consumer Psychology. 23, 4, 528–542. Science Direct. Elsevier. Received 19 January 2013; accepted 1 February 2013.

Gervais, W.M., & Norenzayan, A. (2012). Analytic Thinking Promotes Religious Disbelief. Science, 336, 493-496.

Gorlin, M., & Dhar, R. (2013). Refining the dual-process theory of preference construction: A reply to Gawronski, Martin and Sloman, Stanovich, and Wegener and Chien. Journal of Consumer Psychology. 23, 4, 564–568. Science Direct. Elsevier. Received 29 May 2013; accepted 31 May 2013

Haidt. J. (2012). The righteous mind: why good people are divided by politics and religion.

Hudijana, J, et al. (2017). Theory of Social Psychology Contemporary. Jakarta: Rajawali Press

Kahneman, D. (2011). Thinking, Fast and Slow. New York, NY: Farrar, Straus and Giroux.

Muşţafā, A. (2006) Al-Marāgī,Tafsīr al-Marāgī Jilid I. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Latif, S. A., Fikri, A.E. (2017). Super Spiritual Quotient (SSQ): Sosiologis berpikir Qur’ani and Revolusi Mental. Jakarta: PT. Elex Media Computindo

Martin, J.A. & Sloman, S.A., 2013. Refining the dual-system theory of choice. Journal of Consumer Psychology.23,4, 552-555. Science Direct. Elsevier. Received 22 March 2013; accepted 1 April 2013.

Patton, M.C., & Cohcran, M. (2002). A Guide to Using Qualitative Research Methodology. Medecins Sans Frontieres.

Shenhav, A., Rand, D.G., & Greene, J.D. (2011). Devine Intuition: Cognitive Style Influences Belief in God. Journal of Experimental Psychology 141 (3), 423-428.

http://www.islamicstudies.info/tafheem.php?sura=8&verse=29

Muşţafā, A. (2006) Al-Marāgī,Tafsīr al-Marāgī Jilid I. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v2i3.14083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.