Pengembangan Perusahaan Menggunakan Diagnostik Open System

Bahrul Ulumsyah, Muhammad Nur Syuhada

Abstract


Pengembangan perusahaan bertujuan untuk mengidentifikasi kemungkinan permasalahan yang terjadi sehingga dapat memetakan dinamika permasalahan di PT BM Persero, kemudian memberikan saran intervensi sesuai dengan permasalahan yang prioritas. Partisipan atau responden ditujukan pada 10 karyawan yang mewakili masing – masing golongan, teknik pengambilan responden menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen yang dibuat berdasarkan komponen – komponen desain tingkat organisasi (Cumings,2015). Data dianalisis secara kualitatif berdasarkan temuan masing-masing instrument terintegrasi. Bedasarkan hasil assesment dan rumusan permasalahan terdapat beberapa masalah yang menghambat perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya, yang paling signifikan permasalahannya adalah karyawan  merasa kurang puas terhadap sistem carrier path di perusahaan, karena sistem carierr path yang terdapat diperusahaan masih belum tepat guna. Model diagnostic memberikan pemahaman dalam mengidentifikasi kondisi perusahaan, kemudian masalah yang teridentifikasi adalah melakukan intervensi berupa pemetaan kembali career lattice Perusahaan, untuk meningkatkan karir, memberikan kesempatan dan keleluasaan untuk beralih peran pekerjaan secara keseluruhan dan melakukan perpindahan lintas fungsi ke peran yang berbeda yang tidak memerlukan naik ke tingkat atau posisi yang lebih tinggi atau bahkan pada tingkat atau posisi yang sama (Cathy Benko & Molly Anderson De Joitte, 2010)

Full Text:

PDF

References


Annual Report PT BM (Persero) tahun 2018

Cummings, T. G., & Worley, C. G. (2015). Organization development & change (15. Aufl.). Stamford: Cengage Learning

Dessler, G. (2013). Fundamentals of human resource management. Pearson.

Hardiyansyah, H., Sumantri, A., Zaitun, A., Mellita, D., & Mukran, M. (2019). Analisis Pengembangan Organisasi Pelayanan Publik melalui Proses Diagnosa dan Intervensi. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 5(1)

Harrison, M. I. (2004). Diagnosing organizations: Methods, models, and processes (Vol. 8). Sage Publications

Hasan, B. (2002). Manajemen Industri. Pustaka Ramadhan.

Hidayat, R. (2013). Pengaruh kepemimpinan terhadap komunikasi, kepuasan kerja, dan komitmen organisasi pada industri perbankan. Makara Seri Sosial Humaniora, 17(1)

HR Inteligence Report (2008)

Ilhami, Y (2017) Implementasi nilai-nilai corporate culture pada karyawan Bank BJB Syari’ah KCP Ciputat Tangerang Selatan (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi).

Janićijević, N. (2010). Business processes in organizational diagnosis. Management: journal of contemporary management issues, 15(2)

Luthans, Fred (2006). Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. PT. Andi: Yogyakarta

Mania, S. (2017). Observasi Sebagai Alat Evaluasi dalam Dunia Pendidikan dan Pengajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 11(2)

Munandar, A. S. (2008). Psikologi industri dan organisasi. Universitas Indonesia (UI-Press).

Poerwandari, E. K. (2009). Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku manusia. LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Posangi, H. A., Lengkong, F., & Dengo, S. (2020). Komunikasi Dalam Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Kependudukan Dilakukan Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Bolaang Mongondow. Jurnal Administrasi Publik

Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) PT BM (Persero) 2015-2019

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2012). Perilaku organisasi. Edisi kesepuluh. Jakarta: Salemba Empat

Said, M. U. (2007). Kepemimpinan: Pengembangan organisasi, team building dan perilaku inovatif. UIN-Maliki Press.

Sjafruddin, A. (2013). Pembangunan Infrastruktur Transportasi untuk Menunjang Pembangunan Berkelanjutan Berbasis Ilmu Pengetahuan. Makalah. Bandung: Institut Teknologi Bandung, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan.

Sunyoto, D. (2015). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Caps.

Suprayogi, Ugi (2011) Konsep Dan Teori Administrasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Sutrisno, H. E. (2013). Budaya organisasi. Prenada Media.

Thoha, M. (2002). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Tinjauan Manajemen PT BM (Persero) ke-56 tahun 2018

Wijono, S. (2010). Psikologi industri & organisasi. Kencana




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v2i3.14081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : PSIKOBULETIN : BULETIN ILMIAH PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.