Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Penerapan Konseling Realita

Muhammad Hubbal Khair, Emliyati Emliyati, Ilham Padhli

Abstract


Salah satu kompenen tercapainya tujuan pembelajaran di sekolah adalah kedisiplinan. Berdasarkan hasil observasi peneliti pada siswa kelas IX.6 SMP Negeri 9 Pekanbaru diketahui bahwa tingkat kedisiplinannya rendah. Hal ini terlihat dari siswa yang datang ke sekolah tidak tepat waktu, tidak mengerjakan PR, tidak menggunakan atribut dengan lengkap dan keluar masuk kelas ketika proses pembelajaran sedang berlangsung. Konseling realita merupakan alternatif  pemecahan masalah untuk membentuk dan meningkatkan kembali kedisiplinan siswai. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX.6 SMP Negeri 9 Pekanbaru pada semester genap tahun pembelajaran 2020/2021 dengan sampel penelitian 9 orang siswa. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan konseling realita dapat meningkatkan kedisiplinan pada siswa kelas IX.6SMP Negeri 9 Pekanbaru tahun pelajaran 2020/2021. Hasil observasi kedisiplinan siswa sebelum penerapan konseling realita adalah kategori rendah. Padasiklus I hasil observasi kedisiplinan siswa adalah kategori sedang. Padasiklus II hasil observasi kedisiplinan siswa adalah kategori tinggi


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. Suhardjono dan Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Corey, Gerald. (2007). Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Bandung: Rafika Aditama

Gibson, R. L. (2011). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Hasibuan, Malayu SP. (2011).Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Ihsan, F. (2005). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Latipun. (2010). Psikologi Konseling. Malang: UMM press

Nitisemito, Alex S. (2012). Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia) Jakarta: Ghalia Indonesia.

Prayitno, Hadi. (2014). L3 Layanan Konseling Perorangan. Padang: Universitas Negeri Padang Press.

Rivai, Veithzal. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sardiman. (2009). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siagian, Sondang P. (2012). TeoriMotivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Simamora, Hendri. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: STIE YKPN.

Sudianto dan Nurichsan. (2005). Kinerja Dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: CV Wacana Prima.

Sukardi dan Kusmawati. (2008). Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja grafindo Persada.

Winkel, W.S dan Sri Hastuti. (2012). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v2i3.13074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : PSIKOBULETIN : BULETIN ILMIAH PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.