Studi Komparatif Tingkat Adversity Quotient Berdasarkan Pangkat Anggota (Member) HNI-HPAI

Muhammad Hubbal Khair, Sugeng Saputra, Dery Kurniawan

Abstract


Di zaman serba digital saat ini, proses memperoleh informasi tentang dunia pekerjaan menjadi semakin mudah, tetapi dibalik kemudahan mencari informasi tersebut, tidak diikuti dengan ketersediaan tempat bekerja yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Imbasnya adalah timbul persaingan yang sangat ketat bagi para calon pekerja. Untuk perusahaan, hal seperti ini tentu sangat menguntungkan, karena perusahaan bisa dengan leluasa memilih karyawan terbaiknya. Sementara bagi para calon pekerja yang tidak diterima atau tersingkir dari persaingan tadi, bila tidak ditangani dengan baik akan timbul satu angkatan baru atau yang biasa kita sebut dengan pengangguran. Di tengah kegaduhan ekonomi tadi, maka muncul HNI-HPAI sebuah gerakan bisnis baru, yang fokus utama dari gerakan bisnis ini, menciptakan sebuah kesadaran tentang pentingnya menggunakan produk-produk yang jelas kehalalannya. Di tengah pandemi yang melanda saat ini, banyak bisnis yang gulung tikar dan memberhentikan para karyawannya. Sementara di HNI-HPAI banyak orang mampu bertahan dan sukses dalam menjalankan bisnis ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar perbedaan tingkat adversity quotient berdasarkan pangkat pada member HNI-HPAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji anova sebagai teknik analisis data. Penelitian ini dilakukan pada 93 member HNI-HPAI, dengan menyebarkan skala adversity quotient melalui google form. Dari penelitian ini diperoleh hasil perbedaan yang signifikan tingkat adversity quotient, ditinjau dari pangkat ke agenan HNI-HPAI. Yang mana terjadi perbedaan yang cukup signifikan dari member berpangkat tertinggi dengan member berpangkat terendah. Selain itu,hasil dari kategorisasi diketahui rata-rata member HNI-HPAI memiliki tingkat adversity quotient yang sedang.


Full Text:

PDF

References


HPHI. (2015). Profil Perusahaan. Diunduh dari http://hpaindonesia.net/v3/profil-perusahaan/ di akses pada 23/02/021.

Hutagalung. (2018). Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Keberhasilan Usaha Pusat Industri Kecil Medan Denai. Jurnal Pendidikan kewirausahaan Indonesia.

Kusuma, I. H. (2004). Studi korelasional antara kecerdasan adversity dan motivasi berprestasi dengan kinerja kepala sekolah di lingkungan yayasan BPK penabur Jakarta. Jurnal Pendidikan Penabur, 02(2),17-34.

Laura, & Sunjoyo. (2009). Pengaruh adversity quotient terhadap kinerja karyawan: sebuah studi kasus pada holiday inn Bandung. Proceeding of the 2nd National Symposium on May 30th (pp. 368-393). Bandung: Universitas Kristen Maranatha.

Markman, G. D., Gianiodis, P. T., Phan, P. H., & Balkin, D. B. (2005). Innovation speed: Transferring university technology to market. Research Policy, 34(7), 1058-1075.

Markman, Gideon D. (2002). AQ: The Role of Personal Bounce-Back in New Venture Formation. Diunduh dari http//www.peaklearning.com.

Phoolka, E. S., & Kaur, N. (2012). Adversity Quotient: A new paradigm to explore. Contemporary Business Studies, 3(4), 67-78.

Putri, S. Y. (2013). Hubungan adversity quotient denganminatberwirausahasiswakelas XII pemasaran di SMKN 1 surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Vol 01, No. 01, 1-15.

Shohib, M. (2013). Adversity quotient dengan minat entrepreneurship. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 32-39.

Stoltz, PG. (2000). Adversity Quotoient, Mengubah Hambatan Menjadi Peluang (diterjemahkan oleh T Hermaya). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Suharti, L., &Sirine, H. (2011). Faktor - Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention): Studi Terhadap Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 124-134.

Surekha. (2001). Adversity Intellengence. Pustaka Umum: Jakarta.

Wisesa. (2016). Hubungan Adversity Quotient Dengan Motivasi Berwirausaha Pada Mahasiswa Universitas Udayana Yang Mengikuti Program Mahasiswa Wirausaha. Jurnal Psikologi Udayana. Vol. 3, No. 2, 187-195




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v2i2.12435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : PSIKOBULETIN : BULETIN ILMIAH PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.