Kaitan Antara Pola Asuh Otoriter Terhadap Kemampuan Interpersonal yang Dimoderasi oleh Dukungan Teman Sebaya pada Remaja di Kota Bandung

Putra Nurfajri Al Gifari, Herlina Herlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh otoriter terhadap kemampuan interpersonal yang dimoderasi oleh dukungan teman sebaya pada remaja di Kota Bandung. Partisipan pada penelitian ini adalah (N=400, berusia 13-19 tahun tinggal Bersama orangtua, dan berdomisili di Kota Bandung) yang mengisi instrumen yang berisi alat ukur pola asuh otoriter untuk mengukur pola asuh otoriter, Interpersonal Competence Questionare (ICQ) untuk mengukur kemampuan interpersonal, dan The Social Provosion Scale untuk mengukur dukungan teman sebaya. Analasis data yang digunakan adalah analisis regresi linear untuk mengetahui pengaruh pengaruh otoriter terhadap kemampuan interpersonal dan dukungan teman sebaya terhadap kemampuan interpersonal, dan analisis regresi berganda moderasi untuk mengukur pengaruh pola asuh otoriter terhadap kemampuan interpersonal yang dimoderasi oleh dukungan teman sebaya. Hasil analisis menunjukan bahwa ada pengaruh pola asuhotori terterhadap kemampuan interpersonal sebesar -0,399 dengan nilai signifikansi 0,000. Terdapat pengaruh dukungan teman sebaya terhadap kemampuan interpersonal sebesar 0,281 dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil analisis moderasi menunjukan bahwa dukungan teman sebaya memoderasi pengaruh pola asuh otoriter terhadap kemampuan interpersonal. Bentuk moderasi yang dihasilkan adalah dukungan teman sebaya mengurangi determinasi pengaruh pola asuh otoriter terhadap kemampuan interpersonal pada remaja di Kota Bandung


Full Text:

PDF

References


Baumrind, D. (1991). The influence of parenting style on adolescent competence and substance use. The Journal of Early Adolescence, 11 (1), 56-95.

Cohen, J. R., Spiro, C. N., Young, J. F., Gibb, B. E., Hankin, B. L., & Abela, J. R. (2015). Interpersonal risk profiles for youth depression: A person-centered, multi-wave, longitudinal study. Journal of Abnormal Child Psychology, 43, 1415–1426.

Devi, W. (2012). Hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan sosial pada siswa kelas VI SD Jatimulyo

Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Hurlock, Elizabeth, B. (2000). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Johnson, D. W. 2000. Reaching out: Interpersonal Effectiveness and Self- Actualization. Seventh Edition. New York: Pearson Education Inc.

Karaaslan, A., & Özlük, B. (2016). The Effect of Peer Support to Interpersonal Problem Solving Tendencies and Skills in Nursing Students. International Journal of Nursing and Health Sciences, 10(12), 3802-3806.

Hartati, L., & Respati, W. S. (2012). Kompetensi interpersonal pada remaja yang tinggal di panti asuhan asrama dan yang tinggal di panti asuhan cottage. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 10(02), 126613.

Lestiawati, I. M. (2013). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Sosial Anak Usia 6-7 Tahun. Jurnal Ilmiah Visi, 8(2), 111-119.

Matulessy, D. Y. A. D. A. (2013). Pola Asuh Otoriter, Kontrol Diridan Perilaku Seks Bebas Remaja Smk. Persona. Jurnal Psikologi Indonesia. Mei, 2(2), 173-182.

Megawardani, N. K. E., Suarni, N. K., Tirtayani, L. A., Psi, S., & Psi, M. (2016). Meningkatkan Keterampilan Sosial Melalui Penerapan Teknik Modeling Kelompok B di TK Saiwa Dharma Banyuning. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(3).

Mulia, L. O. (2014). Hubungan dukungan sosial teman sebaya terhadap tingkat resiliensi remaja di panti asuhan. Jurnal Online Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau, 1(2), 1-9.

Rozali, Y. A. (2015). Kecerdasan interpersonal remaja ditinjau dari penerapan pola asuh orang tua. Makalah disajikan dalam Seminar Psikologi dan Kemanusiaan. Psikologi forum UMM.

Santrock, John W. (2012). Life-span Development. 13 th Edition.

University of Texas, Dallas : Mc Graw-Hill

Septiari, B. B. (2012). Mencetak balita cerdas dan pola asuh orang tua. Yogyakarta: Nuha Medika, 163-174.

Simbolon, G. T. P. (2018). Pengaruh Komunikasi Online dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kualitas Persahabatan pada Siswa SMAN di Bandung. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suat, K. O. L. (2018). The Effects Of The Parenting Styles On Social Skills Of Children Aged 5-6. MOJES: Malaysian Online Journal of Educational Sciences, 4(2), 49-

Sugiono. (2004). Konsep, Identifikasi, Alat Analisis dan Masalah Penggunaan Variabel Moderator. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 1, 61–70.

Sugiyono, (2003). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wangechi, N. E. (2018). Influence of Parenting Styles on Pre-school Children’s Social Emotional Skills Development in Gituamba Division, Kenya. Nairobi: University of Nairobi.

Wibowo, Y. A. (2018). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter dengan Keterampilan Sosial Anak. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v2i3.11883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : PSIKOBULETIN : BULETIN ILMIAH PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.