PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING CELL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MAHAAROH AL-KALAAM PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DI PROVINSI RIAU

Mainizar, Nurhayati. B, Rizki Amelia

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tipe pretest-post test control group. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas strategi learning cell dalam meningkatkan Maharah al Kalam pada siswa Mts Provinsi Riau. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 Mts di Provinsi Riau dan objeknya adalah penerapan learning cell dan efektifitasnya dalam meningkatkan Maharat al- Kalam. Populasinya adalah semua siswa Mts yang ada di Provinsi Riau di 12 kabupaten dan kota, sedangkan yang jadi responden adalah siswa Mts kelas 1 di 4 kabupaten, yaitu MTsN Kampar, MTsN Pangkalan Kerinci, MTs Hidayatullah Lubuk Dalam, dan MTs Madinatun Najah Rengat. Pengambilan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Observasi digunakan untuk melihat ketepatan pelaksanaan strategi, angket untuk melihat respon siswa terhadap strategi, dan tes lisan untuk mendapatkan data tentang Mahaarah al-Kalam. Hasil Penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran dengan strategi Learning cell dengan peningkatan Mahaarat al kalam pada siswa MTs di Provinsi Riau

Keywords


Strategi; Pembelajaran; Bahasa Arab; Tsanawiyah; mahaaroh al- Kalaam

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v17i2.820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons LicenseJurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  View My Stats