Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Al-Qur'an Dan Hadits Berbasis Android (Studi Kasus: Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Siak Prov. Riau)

Nurhayati hsy

Abstract


 

Pemanfaatan kemampuan smart phone untuk keperluan di beberapa bidang dikembangkan dengan aplikasi-aplikasi yang mampu mendukung dalam penggunaannya  adalah untuk media pembelajaran edukatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat aplikasi  mobile phone yang berbasis android sebagai aplikasi pembelajaran Al-qur'an dan Hadist yang disertai contoh penghafalan yang benar dilengkapi dengan contoh tulisan, narasi/bacaannya. Aplikasi mobile interaktif ini memungkinkan pengguna melihat contoh dan mendengar dari aplikasi yang digunakan sehingga dapat mempermudah siswa/siswi untuk memahami pembelajaran Al-qur'an dan Hadist dan bisa mengulangnya kembali dirumah kapan saja. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan UML serta bahasa pemrograman jQuery Mobile dengan pengujian blackbox. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data melalui studi pustaka dan wawancara. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi pembelajaran Al-qur'an dan Hadist untuk siswa/siswi Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Siak beseta gambar dan suara.Aplikasi ini diharapkan dapat menambah ketertarikkan siswa/siswi dalam belajar Al-qur’an dan Hadist.

 


Full Text:

PDF (95-107)

References


Ahmad, Sabiq, Hadist Lemah dan Hadist Palsu. Pustaka AL-FURQON d.a. Ma’had al-islami Srowo-Sidayu-Gresik JATIM Indonesia 61153

Anik, Sri., W., Dudi, N., aplikasi pencarian dan pembelajaran hadist pada kitab riyadhus shalihin berbasis mobileVolume 05, Nomor 01, September 2016

A.S-M.Shalahuddin, R. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek.

Arief M Rudianto. 2011. Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL.C.V ANDI OFFSET.Yogyakarta

Arikunto, 2006: 72 pengertian Hipotesis

Asropudin, Pipin. (2013). “Teknologi Informasi Komunikasi”.Titian Ilmu,

Bandung, Indonesia.

Bunyamin., Safitri, B., (2015). Rancang Bangun Bangun Aplikasi Arba’in an-Nawawiyah Berbasis Multimedia.ISSN : 2302-7339 Vol. 12 No. 1 2015.

Dipraja, S. (2013). Panduan Praktis Membuat Website Gratis. Pustaka Makmur. Jakarta.

Dwi, S., Rangga, F., Harjo, A., Pengembangan Aplikasi Pencarian Hadist Riyadhus Shalihin Imam Nawawi jilid ii pilihan berbasis Android vol.2, No. 2, 2014

Faninda, O., Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadapmotivasibelajar mata pelajaran Al-qur’an dan Hadist siswa kelas VIII MTS Negeri 6 Bayolali tahun pelajaran 2017/2018

Heru, S., Ardhiyatama, N., S., Endah, S., U., Ruswa, D., & Kom, S.Rancang bangun Aplikasi Pembelajaran Hadis untuk Perangkat Mobile Berbasis Android,Vol. 8, No. 2, Juli 2014

Isro, Atin., (2015) penerapan metode Drill pada mata pelajaran Al–qur’an hadits di Mi ma’arifnukedungwuluh lor kecamatan Patikraja kabupaten Banyumas

Karnoto,M. (2011). Aplikasi Pembelajaran Doa harian dan Hadist berbasis Android pada SD N 37 Pangkal Pinang.

Khamidah, N. (2015). Medium dapat didefenisikan sebagai perantara atau penerima atau pengantar terjadinya komunikasi dari pengirim menuju penerima. Media merupakan salah satu komponen komunikasi, yaitu sebagai perantara pembawa pesan dari komunikator menuju komunikan.

Safaat, N. (2014). Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android.

Saputra, A. (2012). Membuat Aplikasi Absensi Dan Kuesioner untuk Panduan Skripsi.PT.Elex Media Koputindo. Jakarta.

Sibero (2012). Sejarah Internet, Universitas Budi Luhur, Jakarta.

Smaldino. (2012). Media Pembelajaran.

Syaikh, A., M., B., Syarah Hadist Arba’in an-Nawawi.cet pertama: Muharam 1433 H/ Desember 2011 M. ISBN:978-601-8013-52-9.

Triandini, E. (n.d.). Step By Step Desain Proyek Menggunakan UML. Andi Offset. Yogyakarta

Winarno, E. & Zaki A. 2012. Membuat Web Mobile dengan jQuery Mobile. Elex Media. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v21i2.14677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons LicenseJurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  View My Stats