Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Insani Terhadap Mutu Pelayanan Dan Kinerja Selama Era New Normal Pada BMT Al-ittihad Menurut Konsep Ekonomi Syariah

Syarifah Aini, Mahyarni Mahyarni, Heri Sunandar

Abstract


Virus Covid-19 di Indonesia memberikan perubahan kegiatan pelayanan yang diberikan pihak BMT Al-Ittihad. Pegawai pada kesehariannya terbiasa berinteraksi secara langsung kepada nasabah, karena adanya COVID-19 maka pegawai  mulai terbiasa dengan era new normal dengan menerapkan protokol kesahatan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sumber daya insani terhadap mutu pelayanan dan kinerja selama era new normal pada BMT Al-Ittihad. Penelitian dilakukan di BMT Al-Ittihad dan merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan software SPSS. Dari penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil variabel pengalaman kerja, pendidikan, pengetahuan dan keterampilan berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pelayanan pada BMT Al-Ittihad selama era new normal. Variabel pengalaman kerja, pendidikan, pengetahuan, keterampilan dan mutu pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pada BMT Al-Ittihad selama era new normal. Selanjutnya tinjauan ekonomi Syariah, kompetensi sumber daya insani terhadap mutu  pelayanan dan kinerja selama era new normal pada BMT Al-Ittihad telah sesuai dengan perspektif ekonomi Syariah

Keywords


Kompetensi; Mutu Pelayanan dan Kinerja

Full Text:

PDF

References


Agus Tri Basuki dan Nano Prawoto. 2017. Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Ahmad Mujahidin. 2007. Ekonomi Islam. Jakarta: PT.RajaGrafindo.

Anwar Prabu Mangkunegara. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakaya.

Bentari Faka dan Nuridin. 2018. Pengaruh Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Bank Index Cabang Bekasi. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, Vol.6 No.2, ISSN:2338-4794: UNKRIS Jakarta. Diakses pada tanggal 13 Maret 2021.

Choirul Saleh. 2013. Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Aparatur. Malang:UB Press.

Harsuko Riniwati. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Aktivitas Utama dan Pengembangan SDM). Malang: UB Pres.

Henry Hartanti. (2018). Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja, Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Perdagangan Bantul. STIE Widya Wiwaha Yogyakarta.

Imam Ghazali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponogoro.

Nikolaus Duli. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Nur Aini dan Miftahulhidayah Sudirman. (2019). Pengaruh Pengetahuan, Kemampuan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Bandung Suniaraja, Jurnal Perbankan Syariah, STIBANKS Al-M a’soem.

Malayu S.P. Hasibuan. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Moh.Rum Arisandy. (2015). Pengaruh Keterampilan dan Pengalaman Kerja Terhadap Pengembangan Karir Pegawai Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Donggala, e-Jurnal Katalogis, Vol.3 Nomor 8, ISSN: 2302-2019, Universitas Tadulako.

Muhamad Gulom. 2019. Pengaruh Kompetensi, Disiplin dan Lingkungan Kerja Terhadap Mutu Pelayanan pada Bank Pembangunan Daerah Kabupaten Tojo Una-Una. Jurnal Ekonomi. Vol.7 No.2, E-ISSN.2722-6565. Diakses pada tanggal 13 Maret 2021.

Pawit M. Yusup. (2012). Perpektif Manajemen Pengetahuan Informasi, Komunikasi, Pendidikan dan Perpustakaan. Jakarta: Rajawali Pres.

Rony Setiawan dan Nana Dara Priatna. 2005. Pengantar Statistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sadono Sukirno, dkk. (2011). Pengantar Bisnis. Jakarta: Kencana.

Sari Rezeki Harahap. (2016). Pengaruh Strategi Pengembangan Sumber Daya Insani Terhadap Peningkatan Kinerja Dan Mutu Pelayanan Pada Pt. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Medan. Sumatera Utara: UIN Sumatera Utara.

Shonia Lingga Pratiwi dan Hendry Cahyono. (2018). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Peningkatan Kualitas SDM Bank Syariah Pada Bank Syariah Mandiri KCP Lamongan. Jurnal Ekonomi Islam, Volume 1 Nomor 2.

Silpa Hanoatubun. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Volume 2 Nomor 1, ISSN Online: 2716-4446. STKIP Muhammadiyah Enrekang.

Wibowo. 2014. Manajemen Kinerja Edisi keempat. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v21i1.13356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons LicenseJurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  View My Stats