Implementasi Pembelajaran Integratif Interkonektif Agama Dan Sains Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Se-kecematan Sukajadi Kota Pekanbaru

Rahma Yuni, Sri Murhayati, Andi Murniati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pembelajaran integratif-interkonektif agama dan sains untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri se-Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Fokus penelitian ini adalah membahas tentang bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran integratif-interkonektif agama dan sains untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam?, dan apa saja faktor-faktor dan kendala pembelajaran integratif-interkonektif agama dan sains untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri se-Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan rancangan pendekatan studi kasus. Untuk menggali data menggunakan observasi, wawancara. dan dokumentasi, selanjutnya hasil dari teknik tersebut dipilih sesuai dengan fokus penelitian, untuk melihat keabsahan data digunakan teknik trianggulasi data dan kemudian dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian dilapangan maka dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran integratif-interkonektif agama dan sains untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri se-Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru menunjukkan hasil dengan kategori sangat baik. Dan hasil observasi kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan hasil dengan kategori kritis. Kemudian adapun dalam pelaksanaan pembelajaran ditemukan beberapa faktor pendukung dan kendala. Faktor pendukungnya yaitu pemilihan kurikulum sekolah, Visi, misi, dan tujuan sekolah, kerja sama warga sekolah, kolaborasi antar guru mata pelajaran, semangat sekolah dalam perubahan, serta sarana dan prasarana yang didukung oleh berbagai pihak mulai dari pemerintah pusat, pemerintah kota, sekolah, masyarakat dan juga orang tua siswa. Sedangkan kendalanya adalah Faktor dikotomi, kemampuan guru dalam mengintegrasi-interkoneksi agama dan sains terbatas, Tingkat pemhaman siswa yang bervariasi, jam mengajar yang kurang maksimal

Keywords


Pembelajaran Integratif-Interkonektif Agama dan Sains; Kemampuan Berpikir Kritis Siswa; Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Amril, 2016, Epistemologi Integratif-Interkonektif Agama dan Sains (Menggali Potensi-Konsepsi Menuju Teori-Aplikasi dalam Pengembangan Ilmu Keislaman dan Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Pesada, hal. 180.

A. Fisher, 2009, Berpikir Kritis Sebuah Penganta, Jakarta: Erlangga, hal. 2.

Jasa Ungguh Muliawan, 2005, Pendidikan Islam Integratif: Upaya Mengintegrasikan Kembali Dik otomi Ilmu dan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pus taka Pelajar, , hal. Xii.

Linda Zakiah dan Ika Lestari, 2019, Berpikir Kritis Konteks Pembelajaran, Bogor: Ezatama Karya Abadi, Cetakan I, hal. 3.

Maragustam Siregar dkk, 2019, Integrasi Pendidikan Agama Islam dalam Ilmu-Ilmu Rasional di sekolah Menengah Atas Islam Terpadu, Jurnal Pendidikan Islam, Volume 10. No. I, hal. 195-196.

Muhammad Fadlun, 2017, Pola Integrasi Pendidikan Agama Islam dan Sains dalam Pembelajaran di SD Alam Baturraden Kabupaten Banyumas, Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, hal. 4.

Muhammad Fajrul Bahri dan Supahar, Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Tes Terintegrasi Agama Sains dalam Pembelajaran PAI di SMA , Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, 2019, hal. 234.

Nofrion, 2018, Komunikasi Pendidikan Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran, Jakarta: Kencana, hal. 41.

Sunhaji, 2014, Model Pembelajaran Integratif Agama Islam Dengan Sains, STAIN Purwokerto, Jurnal Vol. 19, No. 2, hal. 342.

Sutarno Joyoatmojo, 2011, Pembelajaran Efektif: Pembelajaran Yang Membelajarkan, Surakarta: UNS Press, hal. 221.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons LicenseJurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  View My Stats