Konsep Pemikiran Pendidikan Islam Masa Ibnu Taimiyah

Kartika Apriola, Yuliharti Yuliharti, Yanti Yanti

Abstract


Pendidikan Islam merupakan salah satu bidang studi yang mendapat banyak perhatian dari para ilmuwan. Pemikiran Ibnu Taimiyah merupakan salah satu wujud pendidikan yang merespon berbagai masalah masyarakat Islam pada saat itu yang menuntut pemecahan secara strategis melalui jalur pendidikan. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu falsafah pendidikan, tujuan pendidikan, kurikulum, metode, bahasa pengantar dalam pengajaran, etika guru dan murid serta perbandingannya dengan pendidikan kontemporer pada masa sekarang. Untuk memperoleh hasil penelitian, penulis menggunakan metode library research dengan pendekatan deskriptif yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa kajian ini membahas teori dan pemikiran pendidikan intelektual muslim klasik Ibnu Taimiyah. Adapun metode pemikiran pendidikan Islam menurut Ibnu Taimiyah yaitu berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah melalui pemahaman yang mendalam, jernih dan enerjik. Dalam penelitian ini penulis juga menganalisis pemikiran pendidikan sekarang terhadap pemikiran pendidikan Ibnu Taimiyah agar dapat diambil pembaharuannya sebagai inovasi yang patut diaplikasikan bagi dunia pendidikan Islam di Indonesia untuk saat ini

Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata. 2001. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ali Abdul Adhim. 1989. Epistemologi dan Aksiologi, Ilmu Perspektif Al-Qur’an.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Imam Tholhah. 2004. Membuka Jendela Pendidikan Mengurai Akar Tradisi danIntegrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Jalaluddin & Usman Said. 1992. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Majid Irsan Al-Kaylani. 1987. Al-Fikr al-Tarbawi inda Ibn Taimiyah. Madinah Munawarah: Maktabah Dar al- Turost.

Muhaimin. 2001. Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan PendidikanAgama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ridwan Nasir. 2005. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal Pondok Pesantrendi Tengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sahri Muhammad, Rasyunah Azes. 1981. Pengantar Menuju Ilmu Pengetahuan dalam Islam. Malang: YPSA.

Siradjuddin Abbas. 2001. I’tiqad Ahlussunnah Wal Jama’ah. Jakarta: Pustaka Tarbiyah.

Syaiful Bahri Djamarah. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif.

Jakarta: Rineka Cipta.

Tafsir, Ahmad. 1991. Ilmu pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v20i1.13342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons LicenseJurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  View My Stats