Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Dr. Abdullah Nashih Ulwan

Ananda Putri, Yuliharti Yuliharti, Yanti Yanti

Abstract


Abdullah Nashih Ulwan adalah tokoh pendidikan yang kharismatik dan disegani di zamannya. Pemikirannya selalu mengacu pada Al-Quran dan Hadis sehingga menjadikannya tergolong sebagai literalis. Abdullah Nashih Ulwan berperan besar dalam perkembangan Islam dan pendidikan terutama melalui beberapa hasil karyakaryanya yang popular adalah Tarbiyatul Aulad fi al Islam. Pada tulisan ini penulis bertujuan ingin mengangkat seorang tokoh dan ulama Timur Tengah yang sangat kharismatik yakni Abdullah Nashih Ulwan, yang mana beliau adalah seorang praktisi dan pemikir dalam dunia pendidikan, terutama pendidikan Islam. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengertian pendidikan Islam dan kurikulum serta metode pendidikan dalam Islam menurut Abdullah Nashih Ulwan. Untuk memperoleh hasil penelitian, penulis menggunakan metode library research dengan pendekatan deskriptif terhadap data yang bersifat kualitatif. Hasil dari penelitian yang diperoleh bahwa yang dimaksud dengan pendidikan Islam adalah suatu proses pembentukan melalui pengajaran, bimbingan, latihan yang dilandasi oleh nilai-nilai ajaran Islam, sehingga terbentuk pribadi muslim yang sejati dengan penuh tanggung jawab sematamata untuk beribadah kepada Allah SWT. Adapun metode pendidikannya meliputi pendidikan dengan keteladanan, pendidikan dengan adat kebiasaan, pendidikan dengan nasihat, pendidikan dengan perhatian/pengawasan, dan pendidikan dengan hukuman.

Keywords


Pemikiran; Pendidikan Islam; Nasih Ulwan

Full Text:

PDF

References


Abu Muhammad Iqbal. 2015. Pemikiran Pendidikan Islam, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Ahmad Tijani. 2009. “Konsep Pendidikan Anak Sholeh Perspektif Abdullah Nashih Ulwan”,

Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Iskandar, Edy. 2018. Pendidikan Islam Perspektif Abdullah Nashih Ulwan. Akademika:

Vol. 14 No. 1

Ismail, Faisal. 2017. Paradigma Pendidikan Islam: Analisis Historis, Kebijakan, dan

Keilmuan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marimba, Ahmad D. 1989. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung:

Alma’arif.

Maragustam. 2014. Filsafat Pendidikan Islam: Menuju Pembentukan Karakter

Menghadapi Arus Global. Yogyakarta: Kurnia Alam Semesta.

Mahmud. 2011. Pemikiran Pendidikan Islam. Pustaka Setia: Bandung.

Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Nizar, Syamsul, Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era

Rasulullah sampai Indonesia, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007

Ulwan, Abdullah Nashih Ulwan. 1994. Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Pustaka

Amani.

Ulwan, Abdullah, Tarbiyat al-Aulad fial-Islam I, Kairo: Darussalam, Cet. 43, 2008

M/1429 H

____________________, Tarbiyat al-Aulad fial-Islam II, Kairo: Darussalam, Cet. 43, 2008

M/1429H

__________________________. 2012. Pendidikan Anak dalam Islam. Solo: Insan Kamil.

Umar Tirtarahaja, La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Syamsul Kurniawan, Erwin Mahrus. (2011). Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam.

Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ramayulis. (2010). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Zuhaili, Muhammad, al-Islam wa Asy Syabbab Terj. Pentingnya Pendidikan Islam Sejak

Dini, Jakarta: A.H. Ba’adillah Press, 2002.

Zuhairini, dkk. Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara dan Dirjen Pembinaan

Kelembagaan Agama Islam Depag RI, Cet. 9, 2008

http://piuii17.blogspot.com/2018/09/pemikiran-pendidikan-abdullah-nashih.html di

akses Kamis, 25 Maret 2021, 07.00 WIB.

http://www.m-edukasi.web.id/2012/10/pendidikan-anak-usia-dini-paud. html. di

akses Kamis, 25 Maret 2021, 07.00 WIB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons LicenseJurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  View My Stats