Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Sosial, Moral dan Keagamaan melalui Metode Bercerita

Angga Saputra

Abstract


Tujuan dari penelitian ini, ingin mengetahui bagaimanakah Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Menanamkan Nilai-Nilai Sosial, Moral dan Keagamaan melalui Metode Bercerita sebagai Implementasi dari Permendikbud No. 137 Tahun 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka, dengan metode pengumpulan data berupa dokumentasi. Setelah data-data itu diperoleh, peneliti mengolah data-data tersebut dengan cara dibaca dan dianalisis kemudian disimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan Metode bercerita merupakan salah satu metode yang tepat untuk diterapkan oleh Guru PAUD dalam menanamkan nilai-nilai sosial, moral dan agama. Kemampuan bercerita yang dimiliki oleh guru PAUD merupakan salah satu kompetensi pedagogik yang menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Arie Sanjaya, Penerapan Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Dan Karakter Pesertadidik Di Sekolah Dasar, JurnalIlmiah Guru COPE (Caraka Olah Pikir Edukatif) Vol 20 No.1. hlm. 2.

Asef Umar Fakhruddin, (2010). Sukses Menjadi Guru TK-PAUD, Yogyakarta: Bening

Fadillah Muhammad, (2012), Desain Pembelajaran PAUD,Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

HadisaPutri, Penggunaan Metode Ceritauntuk Mengembangkan Nilai Moral Anak TK/SD, Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Vol. 3 No. 1. Oktober, 2017 hlm. 87.

Imam Musbikin, (2010). Buku Pintar PAUD Dalam Perspektif Islam, Yogyakarta: Laksana

Jamil Suprihatiningrum, (2013). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

KhalidahNurlilik dan NasihMunji Ahmad,. (2009), Metode Dan Teknik Pembelajaran Agama Islam, Badung; Refika Aditama.

Lilis Darmila, Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Kosa kata anak usia 5-6 tahun di RA Hajjah Siti Syarifah Kecamatan Medan Tembung, JurnalRauhdah Vol 06 No 01 Januari-Juni 2018, hlm 2.

Masitoh, dkk. 2004. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Muh Agus Nuryatno dkk., (2009). Panduan Penulisan Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah Jurusan Kependidikan Islam UIN Sunan Kalijaga.

Mulyasa, E, (2009), Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munif Chatib, (2013). Orangtuanya Manusia, Badung: Kaifa PT Mizan Pustaka.

Mursid, (2015), Pengembangan Pembelajaran PAUD, Bandung; Remaja Rosdakarya.

Musfah, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan Dan Sumber Belajar Teori Dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sri Esti Wuryani Djiwandoro, (2008). Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Grasindo.

Sri Nurhayati & Anita Rakhman, Studi Kompetensi Guru PAUD dalam Melakukan Asesmen Pembelajaran dan Perkembangan Anak Usia Dini di Kota Cihami. Vol. 6 Edisi. 2, Desember 2017, hlm. 109.

Try Setiantono, Penggunaan Bercerita Bagi Anak Usia Dini di PAUD Smart Little Cilame Indah Bandung, Jurnal Empowerment Vol 1 No 2 September 2012, hlm.18.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Wijaya Cece dkk., (1991), Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wijayani Ardy Novan. (2016), Konsep Dasar Paud, Yogyakarta: Gava Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.