Pengembangan Model Media Audio-Visual untuk Meningkatkannilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Kota Bengkulu

Lydia Margaretha, Dwi Nomi Pura

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Merancang Pengembangan Media audio-visual yang dapat meningkatkan nilai-nilai agama dan moral pada pembelajaran; (2) Mendeskripsikan efektivitas penggunaan media audio-visualuntuk meningkatkan nilai-nilai agama dan moral. Subyek penelitian ini adalah guru dan anak PAUD kelas B Kota Bengkulu. Sedangkan objek penelitian ini adalahberupa media audio-visual sebagai media pembelajaran aspek nilai-nilai agama dan moral. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan “ Penelitian Pengembangan” ( Research and Development). Penelitian dan pengembangan bertujuan untuk menemukan dan mengembangkan dan memvalidasi suatu produk, dengan demikian penelitian R&D bersifat longitudinal, penelitian dan pengembangan juga suatu metode yang digunakan untuk menghasilkan produk baru dan menguji keefektifan produk tersebut. Berdasarkan analisis yang digunakan pada penelitian ini maka diambil kesimpulan: (1) Media audio-visual sebagai media pembelajaran yang dapat menjelaskan hal mengenai nilai-nilai agama dan moral yang bersifat abstrak menjadi kongkrit dan menarik perhatian anak sehingga dapat meningkatkan nilai-nilai agama dan moral anak. (2) Media audio-visual yang dikembangkan ini merupakan media alternatif yang  efektif sebagai media pembelajaran aspek nilai-nilai agama dan moral untuk meningkatkan nilai-nilai agama dan moral anak PAUD Kelas B. Peningkatan nilai-nilai agama signifikan berdasarkan hasil uji-t taraf signifikasi 0,00 yang lebih kecil dari 5%. Penggunaan media audio-visual dapat meningkatkan moral anak setelah menggunakan media audio-visual lebih tinggi dibanding sebelum menggunakan media audio-visual.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Emzir.2011. Metodelogi Penelitian PendidikanKualitatif dan Kuantitatif.Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Hamalik, Oerman. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Meyer, Richard. 2008. Learning and Instruction. New Jersey : PearsonEducation Inc.

Mursid. 2015. Belajar Dan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Okta, Putu, Arya, Gde. 2017. Media dan Multemedia Pembelajaran. Yogyakarta: Depiblish.

Paidi. 2012. Pengembangan Pembelajaran Dengan Moodie Untuk Meningkatkan Hasi Belajar (Studi Pada Mata Pelajaran Produktif Standar Kompetensi Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Ungkungan Hidup di SMK Propinsi Bengkulu); Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.

Rahim, Husni and Rahiem, Maila. Dinia,Husni.2012 . The UseOfStoriesAsMoral EducationForYoung Children.InternationalJournalofSocialScienceand Humanity, Vol. 2, No. 6, November 2012.

Siraj, jhon and Blatchford.2009.Editorial:EducationforSustainableDevelopmentinEarlyChildhood.InternationalJournalofEarlyChildhood,Vol.41,No.2,2009.https://link.springer.com/article/10.1007%2FBF03168875?LI=true

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.