PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN PENERAPAN METODE DRILL DALAM KEGIATAN MEWARNAI GAMBAR MEDIA KRAYON DI POS PAUD AQILA KIDS RIMBO PANJANG

Melvi Lesmana Alim

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah ntuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak dengan penerapan metode drill dalam kegiatan mewarnai media Krayon Pos PAUD Aqila Rimbo Panjang . Adapun subyek penelitian adalah di Pos Paud Aqila Kids Rimbo Panjang yang berjumlah 20 orang anak, terdiri dari 11 anak perempuan dan 9 anak laki-laki, dengan usia anak 5-6 tahun. Waktu pelaksanaan direalisasikan selama 2 bulan. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian  tindakan  kelas. Berdasarkan hasil perbaikan pengembangan pada siklus II (kedua) dalam kegiatan mewarnai gambar dengan media crayon pada pengembangan motorik halus, maka dapat dikatakan bahwa perbaikan pengembangan cenderung menjadi lebih baik. Pada siklus I (pertama) penulis melakukan perbaikan pengembangan anak-anak yang mampu menyelesaikan tugas mewarnai gambar sederhana dengan baik hanya 9 anak atau 50 %,  pada pertemuan hari kelima (hari terakhir) perbaikan  pengembangan  siklus II, anak-anak yang mampu mewarnai gambar sederhana meningkat menjadi 18 anak atau 85 %, ini menunjukkan bahwa perbaikan pengembangan yang  dilakukan penulis mengalami peningkatan. Dari hasil ini, penulis dapat mengatakan bahwa perbaikan pengembangan yang dilakukan berhasil karena telah mencapai lebih dari setengah anak-anak yang mampu mewarnai gambar atau sudah lebih dari  50% . Maka penulis memutuskan untuk menghentikan perbaikan pengembangan  ini pada siklus yang kedua. Penerapan metode drill dalam kegiatan mewarnai gambar dengan media crayon terbukti dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak

 


Full Text:

PDF

References


Aisyah siti dkk (2011). Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usiadini Jakarta: Universitas Terbuka

http://alexanderyenni.blogspot.com/2012/12/permainainan-motorik-halus-aud.html

http://binham.wordpress.com/2012/04/06/menumbuhkan-kepekaan-anak-lewat-menggambar/

http://cicendekia.wordpress.com/2013/03/21/cara-mengajar-anak-mewarnai/

http://darunnajahkindergarten.com/2011/manfaat-mewarnai/

http://id.wikipedia.org/wiki/Menggambar

Femi Olivia. Gembira Bermain Corat-coret. Jakarta : Kompas Gramedia. 2013

http://vivianggraini831.blogspot.com/2012/11/makalah-konsep-konsep-dasar-pendidikan.html

http://www.bimba-aiueo.com/manfaat-mewarnai-dan-menggambar-bagi-anak/

Hopkins, D. 1993. A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia,Open University Press

Pamadhi, Hajar, dkk. (2012). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Sujiono, Bambang, dkk. (2007). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka

Tim PKP PG-PAUD. (2013). Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka

Widia Pekerti, dkk. (2007). Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka

Wardani IGAK (2011), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v1i1.5522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.