Pemahaman Guru PAUD Terhadap Pembelajaran Membaca Permulaan AUD

Apriliana Nurulita Nur Fauzi, Rizky Drupadi, Ulwan Syafrudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman guru PAUD terhadap pembelajaran membaca permulaan AUD dalam proses menuju professional guru PAUD melaksanakan belajar melalui bermain tidak mengedepankan calistung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis survei bersifat cross-sectional, dengan pengumpulan data kuantitatif. Lokasi penelitian di Kabupaten Way Kanan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Jumlah sampel 100 orang guru dengan cara pengambilan data melalui kuesioner online via google form. Analisis data yang dilakukan secara deskriptif dan inferensial. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat pemhaman guru PAUD terhadap pembelajaran membaca permulaan bernilai 57,05 dan berada pada kategori sedang. Sebanyak 29% berada di kategori rendah, sebanyak 13% berada kategori tinggi.


Full Text:

PDF

References


Afnida, Mutia dan Suparno. 2020. Literasi dalammPendidikan Anak Usia Dini: Persepsi dan Praktik Guru di Prasekolah Aceh, dalammJurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4(2), 971 - 981.

Andriana, J.Sumarsih, & Delrefi. 2018. Kinerja Guru PAUD ditinjaumdari Kualifikasi Pendidik, PengalamanmMengajar dan Pelatihan, dalam Jurnal Ilmiah Potensia. 3(45), 18-23.

Asmonah, Siti. 2019. MeningkatkanmKemampuanMembaca Permulaan Menggunakan Model Direct Instructional Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar, dalam Jurnal Pendidikan Anak. 8(1), 29 -37.

Budi, Kurniasih.2017.mPemerintah Dorong Guru TK Jadi Sarjana Pendidikan. Dalam https://kompas.com , diakses tanggal 15 Mei 2020.

Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Persiapan Membaca dan Menulis Melalui Permainan Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta.

Dhieni, Nurbiana dkk. 2014. MetodemPengembangan Bahasa. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Febry, Ceryna. 2018. PemahamanmGuru PAUD Terhadap PenilaianmAutentik di Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung, dalam Jurnal Pendidikan Anak. 4(2).

Lutfatulatifah. 2017. Persepsi Guru Tentang Membaca,mMenulis, dan Berhitung pada Anak Usia Dini, dalam Jurnal Golden Age. 1(1), 77 - 81.

Musfiroh, Takdiroatun. 2009. MenumbuhkembangkanmBaca-Tulis Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Grasindo.

Peraturan MenterimPendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdikbud.

Sukmadinta, Nana Syaodih. 2009. Metode PenelitianmPendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Teale,mW. H. 1987. Emergent literacy: Reading and writingmdevelopment in early childhood. In National ReadingmConference Yearbook (36. 45 – 74).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Wildova, Radka and Jana Kropackova. 2014. “Early ChildhoodPre-reading Literacy Development”, dalam Journal Procedia Social and Behavioral Sciences, 878 – 883.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.11959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.