Implementasi Pembelajaran Tari Kreasi Dindin Badindin Untuk Membentuk Kemandirian Anak Kelompok A2

Ellen Tinoko Ranti, Siti Zubaidah

Abstract


ABSTRAK. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran tari kreasi dindin badindin pada anak kelompok A2 dan juga untuk mengetahui proses pembentukan kemandirian anak melalui kegiatan tari tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research dengan teknik pengumpulan data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang sudah dilakukan di TK ABA Janturan Yogyakarta diperoleh hasil bahwa perkembangan kemandirian anak yang telah terjadi setelah dilakukannya kegiatan tari kreasi dindin badindin dapat terbentuk sesuai dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) kemandirian anak usia 4-5 tahun yang terdiri dari 2 indikator pencapaian kemandirian yang terdapat di TK ABA Janturan Yogyakarta. Dalam penelitian ini contoh dari terbentuknya kemandirian anak yaitu anak mampu melakukan pekerjaannya sendiri, anak-anak memiliki inisiatif terdapat pekerjaan yang akan mereka lakukan, dan anak juga mampu menyelesaikan tanpa dibantu orang lain.

Kata Kunci:  Tari Kreasi, Dindin Badindin, Kemandirian.


Full Text:

PDF

References


Hasan, Maimunah. 2009. PAUD(Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Diva Press.

Istanti, Yuli. 2014. Skripsi Upaya Meningkatkan Kemandirian Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di RA Alhidayah I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kamtini. 2005. Bermain Melalui Gerak Dan Lagu Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kumala, Dewi Mella. 2013. Skripsi Meningkatkan Kelenturan Tubuh Anak Melalui Seni Tari Tradisional Di TK Izzatul Islam Lebong. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu.

Mirantika, Dini. 2017. Skripsi Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Seni Tari Bedana Di Taman Kanak-Kanak Melati Puspa Tanjung Senang Bandar Lampung. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Mulyani, Novi. 2016. Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

S, Hibana. 2002. Konsep Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press.

Suryati dan Izzaty. 2007. Pengembangan Kebiasaan Positif. Yogyakarta: Pusat Penelitian Anak Usia Dini. Jurnal Cakrawala Kependidikan.

Tjandraningtyas. 2004. Menumbuhkan Kemandirian pada Anak Melalui Pendidikan Dalam Keluarga. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Tracy, Hoog. 2004. Secret of The Baby Whisperer For Todders: Mendidik dan Mengasuh Balita Anda. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i2.11448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.