Pemodelan Tingkat Pengangguran Terbuka di Pulau Sumatera Dengan Menggunakan Regresi Nonparametrik Spline

Mardiyah Muhgni, Ferdian Fadly, Arisman Adnan, Harison Harison

Abstract


Pengangguran merupakan permasalahan yang harus diselesaikan karena dapat berdampak buruk pada perekonomian suatu daerah tidak terkecuali di Pulau Sumatera. Beberapa provinsi di Pulau Sumatera bahkan memiliki tingkat pengangguran terbuka di atas level nasional. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi Tingkat Pengangguran Terbuka, diantaranya Pertumbuhan Ekonomi (PE) dan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kedua variabel tersebut terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT). Analisis data menggunakan Regresi Nonparametrik Spline, dimana metode ini mampu mengestimasi data yang tidak memiliki pola tertentu. Hasil analisis menunjukkan bahwa Pertumbuhan Ekonomi dan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka . Setiap penambahan 1% Pertumbuhan Ekonomi maka akan mengurangi 0,303% TPT. Sementara itu setiap penambahan 1% Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja maka akan mengurangi 0,359% TPT di pulau Sumatera. Model yang dihasilkan mampu menjelaskan 58,2% variasi dari TPT nya (Adj R-Square). Selain itu, penambahan titik knot pada model spline ternyata belum tentu meningkatkan Adj.R-square model. Sementara itu, penentuan titik knot yang tepat dapat meningkatkan Adj. R square dari model yang dihasilkan.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. "Keadaan Angkatan Kerja di Indonesia Agustus." Publikasi BPS-Statistics Indonesia.

Badan Pusat Statistik. "Perkembangan Beberapa Indikator Utama Sosial-Ekonomi Indonesia." BPS-Statistics Indonesia.

Badan Pusat Statistik. "Produk Domestik Regional Bruto Provinsi-Provinsi di Indonesia Menurut Lapangan Usaha." Publikasi BPS-Statistics Indonesia.

Budiantara, Syaiful Anwar dan I Nyoman. "Regresi Nonparametrik Spline Untuk Pemodelan Tingkat Pengangguran Terbuka di Jawa Barat." Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) 2014.

Cut Putri Mellita Sari, Putri Susanti. "Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Pertumbuhan Penduduk Terhadap Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja di Kota Lhokseumawe Periode 2007-2015." Jurnal Ekonomi Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh 2018.

Gujarati. "Basic Econometrics." 2004. 81.

Gujarati, Damodar. "Ekonometrika Dasar." Penerbit Erlangga, Jakarta 1978.

Hardle, Wolfgang. "Applied Nonparametric Regression." New York: Cambridge University Press 1990.

Hewi Susanti, Mohd. Nur Syechalad, AbubakarHamzah. "Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Pengeluaran Pemerintah Aceh Terhadap Pendapatan Asli Daerah Provinsi Aceh Setelah Tsunami." Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik Indonesia,Universitas Syiah Kuala 2017.

Ihdayani Banun Afa, Suparti, Rita Rahmawati. "Perbandingan Metode Regresi Linier Berganda dan Regresi Spline Bergandadalam Pemodelan Indeks Harga Saham Gabungan." Departemen Statistika, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro, Indonesia 2018.

Prasetio, Wisnu. "Determinan Kemiskinan Penduduk di Pulau Sumatera." Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan, Universitas Lampung 2018.

Thode, H.C. "Testing For Normality." New York : Marcel Dekker, 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jsms.v6i1.9255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal JSMS
p-ISSN     : 2460-4542 (print)
e-ISSN     : 2615-8663 (online)
Alamat   : Program Studi Matematika
                   Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Suska Riau
                   Jl. H.R Soebrantas, No. 155, Tampan, Pekanbaru.
Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JSMS
e-mail    :
jsmsfst@uin-suska.ac.id


 Paper-paper Jurnal JSMS Terindex di :