Perbandingan Regresi Zero Inflated Negatif Binomial dan Regresi Hurdle Negatif Binomial pada Data Overdispersi (Studi Kasus: Kejadian Difteri di Indonesia)

Rini Luciani Rahayu, Asnafiya Asrof, Shailla Rustiana, Widia Puspitasari

Abstract


Difteri merupakan penyakit menular yang menyerang saluran pernafasan bagian atas dan terlihat selaput putih kotor yang semakin lama akan membesar yang akan mempersempit saluran pernafasan. ). Penyakit difteri merupakan kejadian luar biasa (KLB), yaitu penyakit yang sebelumnya memiliki jumlah kasus yang sedikit tetapi mengalami peningkatan pesat. Jumlah kasus difteri merupakan data count yang mengikuti distribusi poisson sehingga untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kasus difteri menggunakan analisis regresi Poisson. Regresi Poisson mensyaratkan kondisi dimana nilai mean dan variansi dari variabel respon bernilai sama. Namun, adakalanya terjadi fenomena overdispersi dalam data yang dimodelkan dengan distribusi Poisson. Pada penelitian ini dilakukan analisis dengan memperhatikan excess zero dan overdispersi menggunakan regresi Zero Inflated Negative Binomial (ZINB) dan model Regresi Hurdle Negative Binomial (HNB) pada kasus difteri di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Zero Inflated Negative Binomial (ZINB) memiliki nilai AIC= 123.40 lebih kecil dibandingkan model Hurdle Negatif Binomial. Sehingga model ZINB merupakan model yang tepat untuk mengendalikan overdispersi pada data kasus Difteri di Indonesia.

 

Kata Kunci: AIC, Difteri, Distribusi Poisson, Hurdle Negative Binomial, Regresi Poisson, Zero Inflated Negative Binomial.



DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jsms.v4i1.4308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal JSMS
p-ISSN     : 2460-4542 (print)
e-ISSN     : 2615-8663 (online)
Alamat   : Program Studi Matematika
                   Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Suska Riau
                   Jl. H.R Soebrantas, No. 155, Tampan, Pekanbaru.
Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JSMS
e-mail    :
jsmsfst@uin-suska.ac.id


 Paper-paper Jurnal JSMS Terindex di :