Penentuan Cadangan Premi Menggunakan Metode Premium Sufficiency pada Asuransi Jiwa Berjangka

Aprijon Aprijon

Abstract


Asuransi jiwa merupakan perjanjian kesepakatan dari sejumlah orang untuk memikul kesulitan dari resiko keuangan bila terjadi musibah pada salah satu anggotanya. Salah satu jenis asuransi jiwa berdasarkan kebutuhannya yaitu asuransi jiwa berjangka. Asuransi jiwa berjangka merupakan perlindungan asuransi yang memberikan jaminan asuransi kepada pemegang polis asuransi selama jangka tertentu. Tentu saja untuk mendapatkan jaminan tersebut pemegang polis harus membayarkan premi kepada perusahaan asurani. Sehingga dari premi yang dibayarkan,  perusahaan bisa mencadangkan sebagian premi yang telah dibayarkan oleh pemegang polis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya cadangan premi asuransi jiwa berjangka dengan menggunakan metode premium sufficiency. Metode yang digunakan untuk menghitung besar cadangan premi tahunan asuransi jiwa berjangka dengan menggunakan metode premium sufficiency. Berdasarkan contoh kasus penerapan dapat  disimpulkan bahwa cadangan premi dengan metode premium sufficiency pada saat t = 1 akan sampai t = 8 nilai cadangan proposional dengan peningkatan tahun, tetapi setelah t = 8 peningkatan nilai cadangan mulai melambat hingga pada masa pertanggungan selesai nilai cadangan premi akan bernilai 0

Full Text:

PDF

References


Bowers, N.L., H.U. Gerber, H.U., Jones, D.A., dan Nesbitt, C.J., Actuarial Mathematics Second Edition, Illinois, The Society of Actuaries, 1997.

Dickson, D.C.M., et al., Actuarial Mathematics for Life Contingent Risks, Cambridge University Pres, New York, 2009.

Futami, T, Matematika Asuransi Jiwa Bagian I, Terjemahan Gatot Herlianto, Penerbit Incorporated Foundation Oriental Life Insurance Cultural Development Center, Japan, 1993.

Futami, T, Matematika Asuransi Jiwa Bagian II, Terjemahan Gatot Herlianto, Penerbit Incorporated Foundation Oriental Life Insurance Cultural Development Center, Japan, 1993.

Margaretta, T.S., Premi Tahunan Asuransi Jiwa Seumur Hidup dengan Hukum De Moivre Skripsi S1 Jurusan Matematika FMIPA Universitas Riau, Pekanbaru, 2016.

Salim, A. MA., Asuransi dan Manajemen Resiko, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1993.

Sembiring, R. K., Buku Materi Pokok Asuransi I, Jakarta, Universitas Terbuka, Depdikbud, 1986.

Siregar, M.T., Cadangan Asuransi Dwiguna Last Survivor dengan Metode Premium Sufficiency, Skripsi S1 jurusan Matematika FMIPA Universitas Riau, Pekanbaru, 2014.

Permatasari.N.P.M., Cadangan Premi pada Asuransi Jiwa Seumur Hidup Joint Life dengan Menggunakan Metode Premium Sufficiency, Skripsi S1 Jurusan Matematika FMIPA Universitas Udayana, Bukit Jimbaran, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jsms.v6i2.10560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal JSMS
p-ISSN     : 2460-4542 (print)
e-ISSN     : 2615-8663 (online)
Alamat   : Program Studi Matematika
                   Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Suska Riau
                   Jl. H.R Soebrantas, No. 155, Tampan, Pekanbaru.
Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JSMS
e-mail    :
jsmsfst@uin-suska.ac.id


 Paper-paper Jurnal JSMS Terindex di :