Aplikasi Algoritma Greedy Terhadap Permasalahan Integer Knapsack pada Toko Surya Muda Pekanbaru

Sri Basriati, Elfira Safitri, Meli Ermanita

Abstract


Permasalahan integer knapsack merupakan permasalahan pengangkutan atau pemilihan barang yang akan dimasukan secara keseluruhan atau tidak sama sekali dalam satu item sehingga tidak melebihi kapasitas dari pengangkut atau wadah. Algoritma greedy dalah metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan optimasi. Pada penelitian ini, algoritma greedy digunakan untuk memilih barang yang akan diangkut oleh Toko Surya  Muda Pekanbaru agar mendapatkan keuntungan yang maksimum. Berdasarkan perhitungan dari ketiga strategi dari algoritma greedy yaitu greedy by profit, greedy by weight dan greedy by density didapatkan bahwa strategi greedy by density menghasilkan solusi yang lebih optimal  dari pada greedy by profit dan greedy by weight.


Full Text:

PDF

References


Ambarwari, A., dan Yanto, N. W., “Penerapan Algoritma Greedy pada Permasalahan Knapsack untuk Optimasi Pengangkutan Peti Kemas”, Research Gate, 2016.

Brassard, G., “ Fundamentals of Algorithms”, New Jersey: Prentice Hall, 1996.

Hasan. M., “Implemetasi Algoritma Greedy dalam Menyelesaikan Kasus Knapsack Problem”, Makassar: Jurusan Matematika Sains dan Teknologi UIN Alaudinn Makassar, 2016.

Paryati, “Optimasi Strategi Algoritma Greedy untuk Menyelesaikan Permasalahan Knapsack 0-1”, In Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 2015.

Pratiwi, A., dkk. “Implementasi Algoritma Branch and Bound pada 0-1 Knapsack Problem untuk Mengoptimalkan Muatan Barang”. Jurnal Matematika Unnes, 2014.

Setemen, K., “Implementasi Algoritma Genetik pada Knapsack Problem untuk Optimasi Pemilihan Buah Kemasan Kotak”, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, Yogyakarta, 2010.

Zulhidayati, I., “Aplikasi Algoritma Greedy dan Program Dinamis (Dynamic Programming) pada Permainan Greddy Spiders”, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jsms.v6i2.10554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal JSMS
p-ISSN     : 2460-4542 (print)
e-ISSN     : 2615-8663 (online)
Alamat   : Program Studi Matematika
                   Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Suska Riau
                   Jl. H.R Soebrantas, No. 155, Tampan, Pekanbaru.
Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JSMS
e-mail    :
jsmsfst@uin-suska.ac.id


 Paper-paper Jurnal JSMS Terindex di :