Model Spatial Autoregressive (SAR) pada Tingkat Kemiskinan ( Studi Kasus : Provinsi Riau )

Rahmadeni Rahmadeni

Abstract


Kemiskinan suatu daerah dipengaruhi oleh kemiskinan di daerah sekitarnya.Hal ini berdasarkan hukum geografi yang dikemukakan Tobler. Maka tujuan dari penelitian ini adalah Menentukan keterkaitan antara tingkat kemiskinan di suatu kabupaten dengan kabupaten lain yang berdekatan di Provinsi Riau dengan menggunakan model SAR. Model ini menunjukkan keterkaitan antara suatu daerah dengan daerahlain yang berdekatan dan juga menggambarkan seberapa besar pengaruh suatu variabel yang menjadi faktor penyebab meningkatnya kemiskinan terhadap angka kemiskinan tersebut.Berdasarkan Indeks Moran’s diketahui Kabupaten yang yang berdekatan mempunyai nilai kemisikinan, IPM, tingkat pendidikan dan panjang jalan yang mirip dan cenderung berkelompok. model spatial faktor tingkat kemiskinan di Provinsi Riau lebih baik menggunakan model spatial error Model (SEM) dan Berdasarkan model SEM didapatkan peubah IPM, Pendidikan, PDRB dan pengangguran signifikan secara statistik sebab p-value < 0.05, artinya faktor tersebut memberikan pengaruh yang kuat terhadap tingkat kemiskinan.


Full Text:

PDF

References


Anselin,L., Spatial Econometrics, University of Illions, Urbana-Champaign, 2005.

Anggi ,A.P., Sanusi W dan Sukarna, Model Regresi Spasial dan Aplikasinya pada Kasus Tingkat Kemiskinan Kabupaten Soppeng, Indonesian Journal of Fundamental Sciences (IJFS), 4 (2 ), 2018, 102-109.

Anselin,L., Spatial Regression Analysis in R. University of Illions, Urbana-Champaign, 2005.

Arisanti, R.,Model Regresi Spasial untuk Deteksi Faktor-Faktor Kemiskinan di Provinsi Jawa Timur, Tesis, Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor, 2011.

Djuraidah, A, dkk., Regresi spasial untuk Menentukan Faktor-faktor Kemiskinan di Provinsi Jawa Timur. Statistika, 12 (1) , 2012.

Lesage, J.P, Spatial Econometrics, Department of Economics University of Toledo, 1998.

Nakhapakorn, Kanchana andJirajohnkoll.,Temporal and Spatial Autocorrelation Statistics of Dengue Fever, Dengue Bulletin – Volume 30, 2006.

Paradis, Emanuel, Moran's Autocorrelation, 2010.

Syarifah, D.P., Ronald, J and Chowanda A., Spatial Autoregressive model for avarege expenditur of Papua Province,Proceedings of the 4st International Conference on Computer Science and Computational Intelligence, 2019,527-542.

Sembiring, R.K., Analisis Regresi, Penerbit ITB, Bandung, 1995.

Supranto, J., Ekonometri. Ghalia Indonesia, Bogor, 2005.

Supranto, J., Analisis Multivariat Arti & Interpretasi, PT Rineka Cipta, Jakarta, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jsms.v6i2.10530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal JSMS
p-ISSN     : 2460-4542 (print)
e-ISSN     : 2615-8663 (online)
Alamat   : Program Studi Matematika
                   Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Suska Riau
                   Jl. H.R Soebrantas, No. 155, Tampan, Pekanbaru.
Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JSMS
e-mail    :
jsmsfst@uin-suska.ac.id


 Paper-paper Jurnal JSMS Terindex di :