Nilainisasi Pembelajaran Sains (Upaya Pembelajaran Integrasi-Interkoneksi Agama dan Sains)

Amril Amril

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor model pembelajaran sains yang terintegrasi dan terinterkoneksi dengan nilai-nilai agama. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Sumber data yang digunakan adalah literatur yang terkait dengan konsepkonsep pembelajaran sains dan konsep nilai (values) dalam filosofis. Untuk itu analisis data yang dipakai adalah content analisys dengan pendekatan kualitatif. Data-data yang diperoleh melalui bacaan berbagai sumber  diseleksi terlebih dahulu, kemudian dikategorisasi dan dianalisis selanjutnya diambil kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah perlunya pembelajaran sains didasarkan pada tiga hal, yaitu: hadharat an-nash (budaya teks), hadharat al-‘ilm (budaya ilmu pengetahuan) dan hadharat al-falasafah (budaya filosofis-etis) kemudian diikuti dengan mengimplementasikan pendekatan filosofis-analitik saintifik dan penedekatan eksplanatif dan ekploratif nilai keagamaan dan sosial dalam praktis pembelajaran, dapat dikatakan merupakan sebuah struktur pembelajaran sains yang tidak lagi meninggalkan values. Sedemikian rupa turunan negatif yang dihasilkan oleh pembelajaran sains yang meninggalkan values niscaya dapat dieliminasi, sebaliknya tentu akan lahir sains yang berpihak pada keilahiyahan, kemanusiaan dan ekologial, selanjutnya akan terbuka produk sains yang rahmatan li al-‘alamin.

Full Text:

PDF

References


Amril M, Epistemologi Integratif-Interkonektif Agama dan Sains (Menggali Potensi-Konsepsi Menuju Teori-Aplikasi dalam Pengembangan Ilmu Keislaman dan Pembelajaran), Rajawali Press, Jakarta, 2016

-------------, Integrasi Sains dan Values dalam Pendidikan (Sebuah Upaya Metodologis Pebelajaran, Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat UIN Suska Riau, 2013.

-------------,“Integrasi Sains dan Values Dalam Pendidikan (Sebuah Upaya Metodologis Pembelajaran”, Makalah dipresentasikan pada AICIS ke XII, Surabaya 2012

--------------, “Nilainisasi Ilmu (Sebuah Upaya Integrasi Ilmu dalam Pembelajaran Sekolah di Era Globalisasi)” dalam Al-Fikra, Jurnal Ilmiah Keislaman,Vol. 7. No. 2.JuliDesember. 2008.

-------------, Metodologis-Epistemologis di Perguruan Tinggi Islam (Telaah Pemikiran Al-Faruqi, alAttas dan Sardar Bagi Pengembangan IAIN ke UIN), Pusat Penelitian IAIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi, 2002.

Capleston, Frederick, A History of Philosophy, Vol. V, Search Press, London, 1975 Fraekel, R, Jack, How to Teach About Values: An Analytic Approach, Englewood Cliffs, New Jersey, 1977.

Guire, Mc, J.E & Barbara Tuchanska, Science Unfetterd, Ohio University Press, Ohio,2000.

Henk Verhook, “Science Education in Universities” dalam Bert Musschenga and David Gosling (Ed), Science Education and Ethical Values Introducing Ethics and Religion into The Classroom and Laboratory, Georgetown University Press, Wasington DC, 1985.

Muhmidayeli, Filsafat Pendidikan, cetakan ke 2, Refika Aditama, Bandung, 2012

-------------, “Kebebasan dan Tangungjawab Moral: analisis Filosofis Pencarian Pembenaran Nilai Moral dalam Kaitannya dengan Normativitas Agama: dalam Al-Fikra, Jurnal Ilmiah Keislaman, Vol.7. No.2. Juli-Desember 2008.

-------------, “Sekolah dan Transformasi Masyarakat: Keniscayaan Nilai-Nilai Moral) Pengantar Buku dalam Amril M, Etika dan Pendidikan, Aditya Media, Yogyakarta, 2005

R. Harre, The Philosophies of Science, an Introductory Surveys, The Oxford University Press, London, 1995.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v1i2.6593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Natural Science and Integration

E-ISSN: 2620-5092  | P-ISSN: 2620-4967

Published By:

Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.