Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa

Ely Ermawati, Rita Sugiarto, Rian Vebrianto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang peningkatan keterampilan generik sains siswa sebagai akibat dari penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing. Metode yang digunakan adalah pra eksperimen dengan "satu kelompok desain pretest - posttest" yang diberikan kepada siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah model implementasi lembar observasi, hasil tes keterampilan generik sains dalam bentuk tipe pilihan ganda tes tertulis terkait dengan konsep pembiasan cahaya, dan respon angket guru dan siswa tentang pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan generik sains. Hasil analisis data kuesioner menunjukkan bahwa hampir semua siswa memberikan umpan balik untuk menyetujui penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing

Full Text:

PDF

References


Asep Mulyani.2012. Sistem Syaraf Manusia Dalam Tutorial CBI : Usaha Meningkatkan Keterampilan Generik Sains

Dwi septiani , woro sumarni dan saptorini.2014. Efektivitas Model Inkuiri Berbantuan Modul Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Generik Sains

Eko Swistoro Warimun1, Astuti Murwaningsih.2015.Model Pembelajaran Induktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Fisika Siswa SMA Mainisa Dan Ridwan Abdullah Sani.2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dan Aktivitas Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa Di Sman 1 Peukan Pidie

Meidini Martiningsih, Risya Pramana Situmorang, Susanti Pudji Hastuti. 2018. Hubungan Keterampilan Generik Sains Dan Sikap Ilmiah Melalui Model Inkuiri Ditinjau Dari Domain Kognitif Nurul Husna Annisa dan Sudarmin.2016. Pengaruh Pembelajaran Guide Inquiri Berbantuan Diagram VEE Terhadap Keterampilan Generik Sains

Rahmat hidayat. Implementasi Pendekatan Pembelajaran Berbasis Tantangan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Generik Sains Siswa SMP Pada Tema Pemanasan Global

Saptorni.2008. Peningkatan Keterampilan Generic Sains Bagi Mahasiswa Melalui Perkuliahan Praktikum Kimia Analisis Instrumen Berbasis Inkuiri Vidya Artha Savitrie, Berti Yolida, Rini Rita T. Marpaung. Pengaruh Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Dan Keterampilan Generik Sains

Wiwin ambarsari,slamet santoso dab maridi.2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 7 Surakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v1i2.6589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Natural Science and Integration

E-ISSN: 2620-5092  | P-ISSN: 2620-4967

Published By:

Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.