Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA di Sekolah

Suparmi Suparmi

Abstract


Media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah berarti „tengah‟,
„perantara‟, atau „pengantar‟. Pembelajaran adalah proses, cara, perbuatan yang menjadikan orang atau makhluk hidup belajar. Media pembelajaran merupakan media yang membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran. Berdasarkan pendapat yang telah diutarakan, dapat disimpulkan media pembelajaran merupakan media yang digunakan pada proses pembelajaran yang berupa komik berfungsi menyampaikan pesan atau informasi dari guru ke siswa agar tujuan pembelajaran tercapai. Penelitian ini menggambarkan keterkaitan antara penggunaan media komik terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Metode penelitian ini merupakan studi keperpustakaan dengan tahapan yaitu pengumpulan data dan analisis data. Data yg dikumpulkan berupa data skunder ,sedangkan analisis data dilakukan secara diskritif kualitatif. Hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa penggunaa media Komik dapat meningkatkan hasil belajar. Tingginya hasil belajar dipengaruhi factor yaitu : Karakteristik media komik yang digunakan serta model pembelajaran yang diterapkan.


Full Text:

PDF

References


Ambaryani, Gamaliel septian airlanda. 2017. Pengembangan media komik untuk efektifitas dan meningkatkan hasil belajar kognitif materi perubahan lingkungan fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), Volume: 3, Nomor: 1, Juni.

Feronika Cici Novisilta.2016.Penggunaan media komik untuk meningkatkan minat dan hasil belajar Fisika siswa kelas VII SMP Katolik 2 W.R Soepratman Barong Tongkok di Kutai Barat pada materi Konsep Zat.

Ira riyansari. 2014. Pengaruh Media Pembelajaran Komik Terhadap Tingkat Pemahaman Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Resti Wahyu Danaswari, Kartimi, Evi Roviati. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Dalam Bentuk Media Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA 9 Cirebon Pada Pokok Bahasan Ekosistim. jurnal scientiae educati volume 2 edisi 2. november 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Natural Science and Integration

E-ISSN: 2620-5092  | P-ISSN: 2620-4967

Published By:

Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.