PERMAINAN TRADISIONAL CUBLAK-CUBLAK SUWENG DARI PROVINSI YOGYAKARTA DAN PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK MI/SD DI INDONESIA

Yosie Ervanda

Abstract


Tujuan pembuatan jurnal ini untuk mengetahui permainan tradisonal cublak-cublak suweng dari D.I Yogyakarta, dan pembentukan karakter tanggung jawab pada peserta didik. Mengetahui metode pelaksanaan permainan cublak-cublek suweng yang dapat membentuk karakter tanggung jawab pada peserta didik. Subjek jurnal adalah jurnal-jurnal penelitian serta web yang membahas permainan cublak-cublak suweng yang dapat dipertanggungjawabkan keaslian dan kebenarannya. Ruang lingkup dalam jurnal ini meliputi guru sekolah dasar, anak-anak sekolah dasar, dan masyarakat sekitar yang mengenal permainan ini, serta peran pemerintah dalam melestarikan permainan cublak-cublak suweng dan mengaplikasikannya pada sekolah dasar pada saat ini.

Jurnal ini dilakukan untuk Menjelaskan apakah permainan cublak-cublak suweng pada era sekarang dapat memberikan rasa senang setelah dimainkan dan dampak yang terjadi setelah dimainkan 1) Pengenalan apa itu cublak-cublak suweng dan bagaimana cara memainkannya. 2) Pelaksanaan model cublak-cublek suweng yang dapat mengembangkan karakter tanggung jawab pada peserta didik, 3) Keefektifan permainan cublak-cublak suweng dalam membentuk karakter tanggung jawab pada peserta didik. 4) apa saja dampak yang diberikan jika terus dimainkan berulang-ulang.

Keywords


Permainan Tradisional, Cublak-cublak suweng

Full Text:

PDF

References


Achroni, K. (2012). Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Jogjakarta: Javalitera.

Ahmad Fachrurrazi, d. (2019). Penerapan Permainan Tradisional Cublak-Cublak Suweng Untuk Mengembangkan Perilaku Sosial Emosi Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 01 No. 01 Juni , 53-58.

Andriani, T. (2012). Permainan Tradisional Dalam Membenuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya Vol 9 No.1 , 121-136.

Apriliani, E. I. (2017). Efektivvitas Dolanan Anak Cublak-Cublak Suweng Pada Pembelajaran Bahasa Jawa Terhadap Peningkatan Kompetensi Sikap Sosial Siswa Kelas I Di Desa Margodadi. YOGYAKARTA: UIN SUNAN KALIJAGA .

Ariesta, F. W. (2019). Nilai Moral dalam Lirik Dolanan Cublak-Cublak Suweng. Jurnal Ilmu Budaya Vol 7, No 2, , 188-192.

Danandjaja, J. (1997). Folklore Jepan (dilihati dari kacama indonesia). Jakarta: Pustaka utama grafiti.

Endah Marwanti, d. (2018). Implementasi Penanaman Karakter Anak Dalam Syair Lagu Dolanan Anak Cublak-Cublak Suweng. Jurnal Taman Cendekia Vol 02 No. 02 Desember , 251-256.

Ernawati, N. (2017). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab dan Kreativitas Melalui Ekstrakulikuler Marching Band. Semarang: UIN WALISONGO.

Fad, A. (2014). Kumulan Permainan Anak Trandisional Indonesia. Jakarta: Cerdas Interaktif.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hidayah, A. (2013). Makna Budaya Lagu Dolanan di Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Volume 22 Nomor 1 .

Indonesia, T. P. (2014). Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta.

Mardalis. (1999). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Munawaroh, H. (2015). Pengembangan Model Permainan Cublak-Cublak Suweng untuk Mengembangkan Kecakapan Sosial Anak Kelompok B di Kecamatan Ngaliyan Semarang. PPKM II , 99-105.

Nurgiyantoro, B. (2007). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pasani, d. (2016). Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Number Head Toeter. Jurnal Vol 4 No 2 2016 , 78-84.

Rochman, E. Y. (2016). Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Pada Pembelajar. AL MURABBI Vol 3 No.1 Juli , 36-54.

Sarwono, J. (2006). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tashadi. (1993). Transformasi Nilai dalam Permainan Anak. Jakarta: Dirjen Kebudayaan.

Triyono, B. (2000). Lagu Dolanan Anak. Yogya: Terawang Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v2i1.9738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.