KOMPOR ORGEN (Organic Garbage Energy) HEMAT DAN RAMAH LINGKUNGAN

Oktavia Ningsih f

Abstract


ABSTRAK

Saat ini sampah telah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Hidup berkisar dari ruang lingkup individu hingga ruang lingkup global. Setiap saat dari kegiatan kami terkait dengan sampah. Sampah organik telah sering diperiksa dan diteliti, tetapi dalam praktiknya hanya sedikit hasil penelitian yang telah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu aplikasi hasil penelitian adalah penggunaan briket sampah. Penggunaan briket sampah telah dibatasi oleh, antara lain, tidak adanya kompor adaptif. Oleh karena itu, perlu mengoptimalkan desain kompor Orgen (Energi Sampah Organik). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk memberikan gambaran tentang cara membuat kompor Orgen tembikar, (2) untuk memberikan gambaran tentang cara membuat modifikasi kompor Orgen, dan (3) untuk membandingkan efektivitas kompor Orgen.

Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan eksperimen. Tahap pertama adalah membuat briket sampah dan briket arang sampah. Briket sampah dibuat dengan menumbuk sampah menjadi bubuk, mencampurnya dengan pati, dan kemudian mengeringkannya. Sementara itu, briket arang sampah dibuat melalui karbonisasi, yaitu arang yang dicampur dengan pati dibentuk, dicetak, dan kemudian dikeringkan. Fase kedua adalah membuat kompor Orgen. Mereka adalah (1) kompor Orgen tembikar yang terbuat dari tanah liat dan kemudian dipanggang dalam bentuk "kubah", (2) kompor perapian ganda, dan (3) kompor Orgen yang dimodifikasi dibuat dengan memodifikasi kompor modern menggunakan stainless steel. Untuk menguji keefektifan kedua kompor Orgen dilakukan dengan memanaskan ½ liter air dan 1 liter air, menggoreng tempe, dan memasak ¼ kg beras. Hasilnya diperoleh dengan menghitung waktu yang dibutuhkan (menit) dan kemudian dibandingkan. Waktu tercepat adalah kompor Orgen yang paling efektif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) briket sampah dan briket arang sampah dapat dibuat dengan cara yang sederhana, murah dan dapat digunakan sebagai energi alternatif, dan (2) kompor Orgen dapat dibuat dengan cara mudah, murah dan dapat digunakan untuk memasak briket yang terbuat dari sampah dan arang sampah, (3) kompor Orgen yang direkomendasikan untuk memasak, berdasarkan tingkat efektifitas secara berurutan, adalah model “kubah”, perapian ganda, dan kompor modifikasi.

 

Kata kunci: pembuatan briket sampah dan briket arang sampah, modifikasi kompor Orgen, efektivitas kompor Orgen

 

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v2i1.9514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.