MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN MELALUI METODE FIELD TRIP SISWA SMPN 4 TAPUNG HILIR

Jaswandi Jaswandi

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan melalui metode field trip kelas IX A di SMPN 4 Tapung Hilir. Jenis penelitian yang ditetapkan dalam penelitianini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Ada empat tahapan dalam penelitian tindakan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi, sedangkan penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian dalam penelitian tindakan  kelas ini adalah siswa kelas IX A SMP N 4 Tapung Hilir dengan jumlah siswa yang diteliti sebanyak 31 siswa yang terdiri dari 13 siswa dan 18 siswi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah metode field trip dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan atas siswa kelas IX A di SMPN 4 Tapung Hilir. Terjadi peningkatan keterampilan menulis karangan atas siswa dari siklus I dan siklus II. Hasil evaluasi sikus I dari 31 siswa yang berhasil mencapai KKM yaitu sebanyak 12 siswa (38,71%), dan hasil evaluasi nilai siklus II dari 31 siswa yang berhasil mencapai KKM yaitu sebanyak 26 siswa (83,87%).


Keywords


Menulis; Karangan; Metode Field Trip

Full Text:

Download PDF

References


Ulum, B. (2012). Penerapan Metode Field trip untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas V B SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang, Jurnal Pendidikan, 4(2), 23-30.

Depdiknas. (2006). Pendidikan Kewarganegaraan, Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta: Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v1i1.9204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.