IMPLEMENTASI KOMPETENSI GURU PAI YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK TERHADAP BACA TULIS ALQURAN

Koko Adya Winata

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi tentang implementasi kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 16 Kota Bandung untuk meningkatkan kemampuan peserta didik terhadap baca tulis Alquran secara benar. Factor-faktor yang mendukung dan menghambat terhadap implementasi kompetensi guru PAI  dan solusi yang harus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik terhadap baca tulis Alquran. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam mensukseskan pendidikan. Kehadiran guru merupakan komponen utama yang harus ada dalam proses berlangsungnya mengajar belajar. Sosok guru yang dimaksud adalah guru yang memiliki kompetensi yang baik. Dengan kompetensi yang baik,  guru PAI diharapkan  dapat menciptakan suasana pembelajaran menarik dan membuat peserta didik memiliki kemampuan dalam baca tulis Alquran. Guru PAI harus mampu  mengelola empat kompetensi dalam proses pembelajaran agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara efektif. Keempat kompetensi itu adalah pedagogik,  kepribadian, profesional, dan sosial. Kompetensi tersebut manakala dikelola dengan baik dapat menjadi kekuatan guru dalam upayanya untuk meningkatkan kemampuan peserta didik terhadap baca tulis Alquran di SMP Negeri 16 Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif kualitatif. Maksudnya prosedur data penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang prilakunya diamati. Sumber data penelitian adalah guru PAI, kepala sekolah peserta didik dan dokumen sekolah. Data dikumpulkan melalui metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil temuan dalam penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut:1). Iimplementasi kompetensi guru PAI yang efektif sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik terhadap baca tulis Alquran, 2). Kurangnya kemampuan guru PAI untuk memilih dan menentukan model pembelajaran  efektif  yang dapat  meningkatkan kemampuan peserta didik dalam baca tulis Alquran. 3). Kurangnya motivasi belajar peserta didik terhadap baca tulis Alquran dan latar belakang peserta didik yang beraneka ragam.

 

 

Kata Kunci: Implementasi  Kompetensi Guru PAI, Peserta didik dan  Kemampuan   Baca Tulis

         Alquran.

 

 


Full Text:

PDF

References


Akiri, AA, Pengaruh efektivitas guru pada kinerja akademik siswa di sekolah

menengah negeri: Delta State-Nigeria, (Jurnal Mediterania Ilmu Sosial, 3 (2),

, hal. 105-111.

Ali, Ali Yassin Sheikh., Dahie, Abdulkadir Mohamud, & Ali Abdulkadir, Motivasi

guru dan kinerja sekolah, efek mediasi dari kepuasan kerja: Survei dari sekolah

menengah di Mogadishu, (Jurnal Internasional Pendidikan dan Ilmu Sosial,

Vol. 3 No. 1, 2016), hlm. 24-38.

Abdul Karim Husain, (2005), Seni Kaligrafi Khat Naskhi, Jakarta: Pedoman Ilmu

Jaya

Abdul Mujib, (2014), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Binti Maunah, (2009), Metodologi Pengajaran Agama Islam, Yogyakarta: Teras.

Blazar, David., & Kraft, Matthew A., Guru dan efek mengajar pada sikap siswa dan

perilaku, (Evaluasi Pendidikan dan Analisis Kebijakan, Vol. 39, No. 1, 2016),

hal. 146–170

Dalman, (2014), Ketrampilan Menulis, Jakarta: Rajawali Pers.

E. Mulyasa, (2013), Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Erlina Farida, Kemampuan Baca Tulis Alquran dan Penguatan Agama SiswaMadrasah

di 8 Kota Besar di Indonesia, EDUKASI Volume 11, Nomor 3,

September-Desember 2013

Heri Gunawan,( 2014), Pendidikan Islam: Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh,

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jejen Musfah, (2012), Peningkatan Kompetensi Guru : Melalaui Pelatihan dan

Sumber Belajar Teori dan Praktik, Jakarta: Kencana.

Kadar M. Yusuf, (2013), Tafsir Tarbawi: Pesan-Pesan Al-Qur’an tentang Pendidikan, Jakarta: Amzah.

Lexy, J. Moleong. (2011), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosdakarya.

M. Nazir, (2013), Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia.

M. Quraish Shihab, et. all. (2008), Sejarah dan Ulum Al-Qur‟an, Jakarta: Pusataka

Firdaus.

Muhibbin Syah, (2000), Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya..

Mahmud Yunus, (2010), Kamus Arab Indonesia, Jakarta: PT Mahmud Yunus

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru, dalam file pdf

Sami, Abdus dkk,. (2010), Al-Quranku dengan Tajwid Blok Warna, Jakarta:

Lautan Lestari.

Siti Asiah Tjabolo, Lian Gafar Otaya , Evaluasi Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam

Vol 5, No 1 (2019) journal.uinsgd.ac.id

Undang-undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen &

Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang sisdiknas,

Bandung: Permana, 2006..




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v2i2.8294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.